Senin 03 May 2021 00:02 WIB

UNJ Resmi Luncurkan Edura TV

Edura TV dapat menjadi media yang dapat memberikan berbagai informasi tentang UNJ.

Universitas Negeri Jakarta (UNJ) meresmikan Peluncuran Edura TV, yang bertempat di Aula Gedung UTC Lantai 8, Kampus A UNJ, Ahad (2/4).
Foto: Istimewa
Universitas Negeri Jakarta (UNJ) meresmikan Peluncuran Edura TV, yang bertempat di Aula Gedung UTC Lantai 8, Kampus A UNJ, Ahad (2/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Negeri Jakarta (UNJ) meresmikan peluncuran Edura TV, yang bertempat di Aula Gedung UTC Lantai 8, Kampus A UNJ, Ahad (2/4). Edura TV merupakan televisi kampus yang akan menampilkan kegiatan-kegiatan di UNJ maupun di luar UNJ serta sebagai media yang menghubungkan dan mendekatkan UNJ kepada masyarakat.

Acara peluncuran Edura TV bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, dan juga  merupakan rangkaian dari Dies Natalis UNJ ke-57 tahun. Acara ini dihadiri  Rektor UNJ, Ketua dan Sekretaris Senat UNJ, para wakil rektor UNJ, para ketua lembaga, para dekan di lingkungan UNJ, direktur pascasarjana dan para pejabat lainnya di lingkungan Universitas Negeri Jakarta.

Rektor UNJ, Prof. Komarudin, M.Si menjelaskan perkembangan media digital saat ini begitu pesat, termasuk di dalamnya TV digital. Media ini tentu sangat bermanfaat bagi dunia pendidikan dan upaya pencerdasan bangsa.

"UNJ sebagai lembaga pendidikan tinggi tentu perlu adaptif dengan perkembangan media digital yang ada, dan harus mampu memanfaatkan keunggulan media digital ini sebagai media transformasi pendidikan, baik untuk keperluan internal UNJ maupun untuk upaya yg lebih luas, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa," kata Prof. Komarudin, M.Si dalam rilisnya, Ahad.

Lebih lanjut Komarudin mengatakan pada sisi lain sebagai PTN BLU, maka UNJ harus mampu menangkap peluang dari kebermanfaatan media digital untuk memperoleh revenue atau income generating. UNJ punya banyak potensi yg bisa diaktualisasikan dan dikonversi menjadi income generating baik di bidang olahraga, seni, kuliner, fashion, teknik, pariwisata, maupun konten dan media pembelajaran.

Semua itu bisa dikemas menjadi programa dan komoditas media digital yg marketable. Dua fungsi utama inilah yang menjadi alasan penting berdirinya Edura TV, Media Transformasi UNJ, unit bisnis di bawah Edura UNJ sebagai University Bussines Center UNJ, ujar Rektor UNJ Prof. Komarudin, M.Si.

Terkait dengan eksistensi Edura TV, Prof. Komarudin, M.Si menyampaikan tahap awal Edura TV ini digawangi oleh Edura UNJ dan UPT Humas sampai mampu berdiri sendiri sebagai unit bisnis. Ke depan Edura TV menjadi tempat persemaian berbagai bakat, potensi, kreasi, dan inovasi yg dimiliki civitas UNJ untuk kemajuan civitas UNJ, masyarakat dan bangsa Indonesia, utamanya dalam bidang pendidikan.

Sementara Syaifudin selaku Ketua Pelaksana Peluncuran Edura TV dan juga Kepala Media Humas UNJ mengatakan dengan peluncuran Edura TV ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat mengakses informasi tentang UNJ melalui platform berbasis media digital ini.

"Selain itu juga Edura TV dapat menjadi media yang dapat memberikan berbagai informasi mengenai berbagai inovasi pendidikan yang ada di sekolah maupun di UNJ sendiri," kata Syaifudin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement