Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

'S.T.A.R', Musikalisasi Puisi dari Gratia Elena

Senin 03 May 2021 00:30 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah

Penyanyi pendatang baru asal Tangerang, Gratia Elena, merilis lagu musikalisasi puisi S.T.A.R (English Version).

Penyanyi pendatang baru asal Tangerang, Gratia Elena, merilis lagu musikalisasi puisi S.T.A.R (English Version).

Foto: Dok Gratia Elena
Gratia mengemas ulang karyanya dari puisi yang dirilis November lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dari untaian puisi yang berpadu dengan melodi harmonis, sajian musikalisasi puisi bisa terhadir dengan apik. Karya demikian disuguhkan oleh penyanyi pendatang baru asal Tangerang, Gratia Elena.

Gratia meluncurkan single perdana dalam wujud musikalisasi puisi bertajuk "S.T.A.R" pada November 2020. Kini, Gratia mengemas ulang karyanya yang sudah bisa disimak penikmat musik sejak 2 April 2021.

Berbekal passion bermusik serta menulis sejak kecil, Gratia ingin membawa para penikmat musik menjelajahi setiap perjalanan hidupnya. Dia menuangkan pengalamannya secara jujur dalam bentuk puisi.

Baca Juga

Sudah ada puluhan naskah puisi hasil goresan penanya, tak terkecuali puisi perihal perjalanan cinta. "S.T.A.R", musikalisasi puisi bergenre pop-ballad, bercerita tentang pertemuan tak terduga dua insan.

Seorang perempuan berjumpa dengan seorang pria, sampai akhirnya membuahkan rasa kagum dalam hati. Diksi manis nan puitis dalam liriknya menggambarkan ekspresi indah cinta dan harapan.

Lewat lagu "S.T.A.R", Gratia menyematkan simbol sosok pencuri hati selayaknya bintang yang berhasil menjadi pilihannya di antara ribuan bintang lain di angkasa. Dari kedua versi lagu, ada perbedaan terkait bahasa.

Jika sebelumnya lagu "S.T.A.R" dinyanyikan dengan lirik bahasa Indonesia, maka pada single repackage Gratia mengubah liriknya ke dalam bahasa Inggris. Semua tetap berbalut kosakata yang ear catchy.

"S.T.A.R (English Version)" mengusung genre jaz dengan balutan aransemen yang jauh lebih kompleks dari versi sebelumnya. Karya diharapkan bisa memberikan warna baru bagi industri musik Indonesia. 

Lagu memuat permainan instrumen musik yang lebih kaya seperti gitar, drum, serta saksofon. Menurut Gratia, lagu bernuansa romantis ini cocok didengarkan saat sedang bersantai di kafe atau di tengah kemacetan.

Lewat pernyataan resminya, perempuan kelahiran 1993 itu berharap "S.T.A.R" dapat diterima penikmat musik Indonesia. Selain itu, dapat menggugah pendengarnya untuk mengekspresikan cinta.

Selain meluncurkan single berbahasa Inggris, Gratia juga merilis proyek kolaborasi bersama tim Pame Publishing House. Karyanya berupa novel bersekuel Replaces Autumn dan Pluvieuse Melodia.

Buku bercerita tentang kehidupan pribadi penuh perjuangan serta perjalanan bermusik Gratia. Ada cerita masa kecil hingga cerita perjuangan merintis karier di dunia seni saat Gratia beranjak dewasa.

"Dengan semua pengalaman yang kubagi lewat buku ini, aku berharap bisa memberikan motivasi, bahkan inspirasi untuk semua orang," ungkap Gratia. Dia juga membuat buku kumpulan puisi bertajuk The Bleu.

Lagu "S.T.A.R" bisa dinikmati via Spotify, Joox, Apple Music, dan iTunes, sementara video lirik "S.T.A.R (English Version)" dapat disaksikan melalui kanal YouTube "Gratia Elena Official". Buku Replaces Autumn sudah tersedia dan bisa dipesan melalui Instagram @gratiaelenayoung dan @pame_publishing.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA