Menteri PPPA: Anak-Anak Investasi Penting Negara

Red: Ratna Puspita

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga | Foto: SIGID KURNIAWAN/ANTARA

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Menteri PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga mengatakan, anak-anak menjadi investasi penting bagi negara. "Investasi bagi suatu negara bukan tambang atau gas bumi, investasi yang paling berharga itu adalah SDM (Sumber Daya Manusia). Anak-anak sebagai generasi penerus bangsa harus menjadi perhatian kita bersama," ujar dia dalam acara kunjungan kerja Menteri PPPA bersama Anak Kelompok Rentan di Jakarta Aquarium Safari, Ahad (2/5). 

Menurut dia, tanggung jawab terhadap anak tidak hanya di tangan pemerintah pusat. Namun, harus ada sinergi dengan pemerintah daerah, lembaga masyarakat, hingga dunia usaha.

Baca Juga

"Semua anak Indonesia adalah anak kita, yang artinya berbagi itu penting," ucapnya.

Ia menyampaikan bahwa anak-anak mempunyai hak dasar, baik hak untuk hidup, hak tumbuh berkembang, hak untuk mendapatkan perlindungan, dan hak untuk berpartisipasi. "Dalam pemenuhan hak-hak mereka, tentunya tidak hanya menjadi tanggung jawab orang tua dan walinya saja, ini adalah tanggung jawab bersama," katanya.

Menteri Bintang mengharapkan kunjungan anak kelompok rentan ke Jakarta Aquarium Safari pada hari ini dapat menambah wawasan mengenai biota laut. "Diharapkan ini menjadi berkah bagi anak-anak, semua orang berhak punya mimpi dan mewujudkannya, diharapkan anak-anak semua bisa memanfaatkannya dengan baik," katanya.

Di Jakarta Aquarium Safari itu anak-anak mendapatkan edukasi satwa air maupun darat, lokasi wisata tersebut juga menampilkan pertunjukan cerita anak mengenai alam dan lingkungan serta menyajikan penyelam berkostum putri duyung.

Head of Social, Branding, and Communication, Fira Basuki, memastikan kunjungan Menteri PPPA bersama kelompok rentan itu dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. "Tentunya kami sangat ketat dalam penerapan protokol kesehatan pengunjung. Kami memastikan pengunjung datang dalam keadaan fit dan sehat, sudah dicek suhu badannya, selalu memakai masker, dan disediakan juga tempat cuci tangan agar selalu bersih," katanya.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Jokowi Minta Anak-Anak Tetap Semangat Belajar

Pemkab Mojokerto Maksimalkan Pemenuhan Hak Anak

Psikolog UI: Libatkan Suami dalam Mengurus Anak

Usia Ideal Membiasakan Anak Berpuasa Menurut Dokter

Doktrin Radikal ke Perempuan Diduga Dalam Waktu Singkat

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image