Ahad 02 May 2021 15:58 WIB

ACT Bagikan Beras Wakaf untuk Penyintas Banjir dan Longsor

Bantuan pangan jadi wujud empati Sahabat Dermawan ACT untuk korban banjir dan longsor

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Gita Amanda
Petugas sedang melakukan proses pengepakan beras di Lumbung Beras Wakaf ACT, (ilustrasi). ACT membagikan paket bahan makanan pokok untuk penyintas banjir dan longsor.
Foto: dok. ACT
Petugas sedang melakukan proses pengepakan beras di Lumbung Beras Wakaf ACT, (ilustrasi). ACT membagikan paket bahan makanan pokok untuk penyintas banjir dan longsor.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) membagikan paket bahan makanan pokok bagi para penyintas banjir dan longsor. Mereka yang menerima bantuan paket tersebut tinggal di huntara Kampung Pasir Eurih, Desa Cileuksa, Sukajaya.

Tim Program ACT Bogor Barat, Yhoko Kuncoro, mengatakan masyarakat korban banjir dan longsor pada Januari 2020 itu menerima bantuan beras wakaf dan air minum wakaf. Bantuan ini sendiri didistribusikan oleh ACT dari Waqf Distribution Center, Gunung Putri, Bogor.

Baca Juga

"Ada ratusan paket beras yang kita sampaikan kepada para pengungsi. Bantuan pangan ini menjadi wujud empati Sahabat Dermawan atas mereka yang menjalani Ramadhan kedua di Huntara," jelas Yhoko Kuncoro dalam keterangan pers yang diterima, Sabtu (1/5).

Menurut asesmen Tim ACT Bogor Barat, saat ini para penerima manfaat banyak yang kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan dan penghasilan. Sebelum bencana, sebagian besar penyintas bekerja sebagai petani dan merawat kebun. Kondisi ini pun melemahkan ekonomi para penyintas.

Rasmah salah seorang penghuni Huntara, bersyukur pada Ramadhan ini bisa mendapatkan bantuan pangan. "Mudah-mudahan ada bantuan terus walaupun itu sebulan sekali alhamdulillah juga. Selama Ramadhan belum pernah dapat bantuan. Dikasih sama ACT, Alhamdulillah. Mudah-mudahan sering berkunjung," ujar Rasmah.

ACT dalam rangka memasifkan gerakan sedekah pangan Ramadhan mendistribusikan ratusan paket Beras Wakaf dan Air Minum Wakaf dari Waqf Distribution Center di Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor. Pendistribusian juga didukung sejumlah armada kemanusiaan yang juga mengantarkan bantuan ke seluruh cabang DKI Jakarta, Banten, dan juga Jawa Barat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement