Ahad 02 May 2021 15:30 WIB

Stok Darah Menipis, Sukabumi Gencarkan Donor Darah Massal

Donor darah sudah rutin diadakan dan khususnya di bulan Ramadhan.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Fakhruddin
Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Cabang Kota Sukabumi yang menggelar donor darah di Sekretariat INTI di Danalaga Square Kota Sukabumi, Ahad (2/5).
Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Cabang Kota Sukabumi yang menggelar donor darah di Sekretariat INTI di Danalaga Square Kota Sukabumi, Ahad (2/5).

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI -- Pada momen bulan puasa stok darah di PMI mengalami penurunan. Hal ini disikapi sejumlah komunitas di Kota Sukabumi untuk melakukan donor darah massal.

Salah satunya dilakukan Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Cabang Kota Sukabumi yang menggelar donor darah di Sekretariat INTI di Danalaga Square Kota Sukabumi, Ahad (2/5). ''Bersyukur rencana donor terlaksana dengan baik dan ditargetkan ada 150 labu yang terkumpul,'' ujar Ketua Pelaksana Donor Darah INTI Sukabumi, Gunawan kepada wartawan.

Ia mengucapkan terimakasih kepada peserta donor darah dan Pemda kota Sukabumi yang mendukung kegiatan tersebut. Aksi donor darah ini sudah rutin digelar oleh INTI setidaknya sebanyak tiga kali dalam setahun.

Donor darah ini ungkap Gunawan untuk membantu warga yang membutuhkan labu darah dalam rangka pengobatan. Misalnya para penderita thalesemia.

Ketua INTI Kota Sukabumi, Hendi Effendi menambahkan, apresiasinya kepada para peserta yang telah mendonorkan darah pada kegiatan ini. ''Donor darah sudah rutin diadakan dan khususnya di bulan Ramadhan dalam membantu warga yang membutuhkan,'' imbuh dia.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan, pemkot memberikan apresiasi kepada keluarga besar INTI yang membantu kebutuhan darah misalnya penderita thalesemia. Sebab di Ramadhan stok labu darah menurun drastis.

Sehingga donor darah ini bisa menambah pasokan ketersediaan labu darah. Oleh karenanya atas nama pemkot mengucapkan terimakasih kepada INTI yang menggelar donor darah.

''Ramadhan stok labu darah kritis dan menyambut gembira INTI berinisiatif menggelar donor darah,'' ungkap Fahmi. Hal ini sebagai bentuk kecintaan dan kolaborasi dalam menjaga Sukabumi dari sisi kesehatan dan memberikan dukungan kepada keluarga besar Perhimpunan Orangtua Penderita Thalesemia (Popti).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement