Ahad 02 May 2021 13:50 WIB

Taiwan Kirim Tabung Oksigen ke India untuk Tangani Covid-19

Taiwan akan terus memberikan bantuan kepada India sesuai kebutuhan

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Christiyaningsih
Sejumlah warga menunggu untuk mengisi tabung oksigen di New Delhi, India, Kamis (29/4).
Foto: EPA-EFE/IDREES MOHAMMED
Sejumlah warga menunggu untuk mengisi tabung oksigen di New Delhi, India, Kamis (29/4).

REPUBLIKA.CO.ID, TAIPEI -- Taiwan mengirimkan bantuan Covid-19 tahap pertama ke India. Kementerian Luar Negeri Taiwan mengatakan bantuan tersebut terdiri dari 150 konsentrator oksigen dan 500 tabung oksigen.

Kementerian Luar Negeri Taiwan mengatakan kiriman bantuan itu berangkat dengan pesawat kargo China Airlines pada Ahad (2/5) pagi, dan akan diterima oleh Palang Merah India. Taiwan akan terus memberikan bantuan kepada India sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga

"Konsentrator dan tabung oksigen ini adalah bentuk cinta dari Taiwan. (Kami akan mengirim) lebih banyak bantuan untuk teman-teman kita di India. #IndiaStayStrong!" ujar Menteri Luar Negeri Joseph Wu dalam cuitannya di Twitter.

Konsentrator oksigen berfungsi untuk mengurangi nitrogen dari suplai udara. Alat ini akan menghasilkan suplai udara yang diperkaya oksigen ke pasien.

India tidak memiliki hubungan diplomatik yang formal dengan Taiwan. Namun hubungan keduanya semakin dekat dalam beberapa tahun terakhir karena antipati bersama terhadap Beijing.

Taiwan melihat India sebagai negara demokrasi dan memiliki pemikiran yang sama. India dan Taiwan juga mempunyai hubungan budaya dan ekonomi yang erat.

Tahun lalu, Taiwan menuduh Beijing berusaha memberlakukan sensor di India. Hal ini diungkapkan setelah kedutaan besar China di New Delhi menyarankan jurnalis lokal untuk mematuhi prinsip "satu China" menyusul iklan di surat kabar yang menandai hari nasional Taiwan.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement