Friday, 27 Zulhijjah 1442 / 06 August 2021

Friday, 27 Zulhijjah 1442 / 06 August 2021

PLN: Konsumsi Listrik Jakarta 7,78 TWh

Ahad 02 May 2021 12:46 WIB

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Friska Yolandha

PLN Distribusi Jakarta Raya mencatat pertumbuhan listrik kuartal pertama sebesar 7,78 TWh.

PLN Distribusi Jakarta Raya mencatat pertumbuhan listrik kuartal pertama sebesar 7,78 TWh.

Foto: Republika/Thoudy Badai
Konsumsi listrik DKI Jakarta masih minus dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PLN Distribusi Jakarta Raya mencatat pertumbuhan listrik kuartal pertama sebesar 7,78 TWh. Pemulihan konsumsi listrik di Jakarta memang belum terasa signifikan.

General Manager PLN Disjaya, Doddy B Pangaribuan menjelaskan konsumsi kuartal I tahun ini masih minus 5,51 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Konsumsi di kuartal pertama ini juga kata Doddy jika dibandingkan konsumsi listrik Oktober - Desember tahun lalu malah turun 2,64 persen.

Baca Juga

"Kondisinya memang masih minus ya di kuartal pertama ini. Program vaksinasi bersama yang memang masih berlangsung juga belum berpengaruh signifikan terhadap konsumsi listrik di Jakarta," ujar Doddy kepada Republika.co.id, Ahad (2/5).

Doddy merinci salah satu faktor pertumbuhan konsumsi listrik belum optimal karena konsumsi listrik dari sisi bisnis dan industri masih belum pulih. Doddy merinci untuk konsumsi bisnis masih berada di level -13,78 persen jika dibandingkan tahun lalu. Sedangkan dari sisi industri minus 1,05 persen.

"Konsumsi bisnis tercatat 2,5 TWh sedangkan Industri sebesar 1,03 TWh," ujar Doddy.

Meski begitu dari sisi konsumsi rumah tangga masih mencatatkan pertumbuhan konsumsi yang positif. Pada kuartal pertama tahun ini konsumsi listrik tumbuh 2,01 persen atau sebesar 294,4 juta KwH.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA