Ahad 02 May 2021 04:20 WIB

Efek Asnawi, Akun Youtube K-League Tembus 1 Juta Views

Asnawi Mangkualam tengah tampil impresif bersama Ansan Greeners di K-League 2.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Andri Saubani
Asnawi Mangkualam Bahar saat berseragam Timnas Indonesia.
Foto: EPA/Mark R Cristino
Asnawi Mangkualam Bahar saat berseragam Timnas Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Kesebelasan kasta kedua Korea Selatan (Korsel), Ansan Greeners FC benar-benar merasakan dampak yang sangat luar biasa setelah mendatangkan pemain asal Indonesia, Asnawi Mangkualam, pada jendela musim dingin Januari 2021 kemarin.

Belum genap enam bulan memperkuat klub yang berkompetisi di K-League 2, Asnawi sudah banjir pujian. Eulogi pesepak bola berusia 21 tahun itu bersama the Green Wolves didapat lantaran performa impresifnya

Baca Juga

Salah satu sampelnya adalah cuplikan pertandingan Asnawi Mangkualam yang diunggah secara langsung oleh K League ke Youtube, dan telah ditonton lebih dari 1 juta views pada laga melawan Jeonnam Dragon.

Disamping itu, video berdurasi delapan menit di respons sekitar lebih dari empat ribu warganet dari berbagai dunia, khususnya netizen Indonesia yang memiliki ikatan emosional dengan pemain kelahiran Makassar, Sulawesi. Sejauh ini, sang pemain sudah tampil dalam lima pertandingan dan mencetak satu assist untuk skuad besutan Kim Gil-sik. Penampilan apiknya di lini sayap dalam membantu pertahanan dan mematahkan serangan lawan mendapat pujian.

K-League melalui akun sosial medianya bahkan menyebut Asnawi memiliki gaya permainan yang mirip dengan legenda timnas Korsel, pun Manchester United (MU), Park Ji-sung.

"Ji Sung Park adalah legenda, suatu kehormatan untuk Asnawi yang baru meniti karier di Korsel. Ewako, tetap semangat semoga makin banyak Asnawi di luar negeri," tulis akun Tyo Mangkubumie dalam kolom komentar.

Sementara itu, salah satu netizen Indonesia Muhammad Ishar berharap Asnawi dapat terus menyerap banyak ilmu ketika berada di Negeri Gingseng.

"Dari dahulu Asnawi ini memang pemain yang ngotot dan memiliki determinasi tinggi. Mentalitasnya bagus, semoga ia berkembang pesat di Korea dan membuat rakyat Indonesia bangga," demikian pernyataan tersebut.

Selain berhasil membalikkan prediksi awal tentang persiapan timnya di awal musim. Asnawi juga membantu Ansan Greeners menjadi klub sepak bola yang paling banyak diikuti ketiga di platform sosial media Instagram di seluruh klub sepak bola Korsel.

Dengan banyaknya followers asal Indonesia, Ansan saat ini memiliki jumlah pengikut sekitar 42 ribu, hanya kalah dari Jeonbuk Hyundai, dan Ulsan Hyundai di urutan pertama yang merupakan kesebelasan favorit dari divisi utama K-League.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement