Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Sedang Berselisih? Baca Doa Nabi Syuaib Ini

Ahad 02 May 2021 05:00 WIB

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil

Sedang Berselisih? Baca Doa Nabi Syuaib Ini. Foto: Berdoa (Ilustrasi)

Sedang Berselisih? Baca Doa Nabi Syuaib Ini. Foto: Berdoa (Ilustrasi)

Foto: Republika
Doa Nabi Syuaib tentang perselisihan diabadikan dalam Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA--Allah SWT mengabadikan doa Nabi Syuaib dalam surat Al-Araf ayat 88. Nabi Syuaib memanjatkan doa ini karena umatnya mendustakannya bahkan akan mengusir Syuaib.

Ancaman pengusiran terhadap Syuaib ini dibadikan Allah SWT dalam ayat 88 yang artinya:

"Pemuka-pemuka yang menyombongkan diri dari kaum Syu'aib berkata. 'Wahai Syuaib! Pasti kami usir engkau bersama orang-orang yang beriman dari negeri kami kecuali engkau kembali kepada agama kami. Syuaib berkata apakah kamu akan mengusir kami kendatipun kami tidak suka?"

Atas itulah Syuaib beroda dan doan ini diabadikan Allah ayat 89.

رَبَّنَا افْتَحْ بَيْنَنَا وَبَيْنَ قَوْمِنَا بِالْحَقِّ وَأَنتَ خَيْرُ الْفَاتِحِينَ

"Rabbanaftah bainana wabaina qaumina bilhaqqi wa-anta khairul fatihin"

Tarjamah Tafsiriyah adalah. "Wahai Tuhan kami, bukakanlah kebenaran antara kami dan kaum kami. Engkau adalah sebaik-baik pembuka kebenaran.”

"Saudaraku, perseteruan pengikut Nabi Syuaib dengan kaum kafir telah membuat gonjang-ganjing keadaan," kata Ustaz Rafiq Jauhary saat menyampaikan tausiyah Ramadhan tentang doa-doa di dalam Alqur, Sabtu (1/5).

Oleh karena itu kata Ustadz Rafiq yang juga aktif sebagai Pembimbing Ibadah Haji dan Umrah ini,  Nabi Syuaib pun berdoa kepada Allah untuk membukakan jalan keluar atas permasalahan tersebut.

Membuka kebenaran (futuh) yang dimaksud disini meliputi dua perkara, membuka hidayah (ilmu). Hal tersebut agar dapat mengenali perkara yang haq dan bathil, dan juga membuka taufiq agar mampu menapaki jalan kebenaran.

Allah mengirim Nabi Syuaib kepada penduduk Madyan. Nabi Syu'aib diperintahkan Allah SWT mengajak kaumnya menyembah Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang merupakan Tuhan yang patut disembah.

Nabi Syuaib seperti dikisahkan dalam ayat 85 Al-Araf diperintahkan oleh Allah subhanahu wa ta'ala mengajak umatnya untuk menyempurnakan takaran dan timbangan dan jangan merugikan orang sedikitpun.

"Jangan berbuat kerusakan di bumi setelah diciptakan dengan baik. Itulah yang lebih baik bagimu jika kamu orang beriman." (Al-Araf ayat 85).

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA