Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

...

Ilkay Gundogan Ingin Terus Berbagi tak Hanya Saat Ramadhan

Sabtu 01 May 2021 21:05 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto

Kesibukan pembagian paket makanan di bulan Ramadhan sumbangan Ilkay Gundogan, gelandang andalan Manchester City keturunan Turki.

Kesibukan pembagian paket makanan di bulan Ramadhan sumbangan Ilkay Gundogan, gelandang andalan Manchester City keturunan Turki.

Foto: istimewa
Tak ada alasan mengapa Indonesia dipilih Gundogan untuk berbagi kebahagiaan.

REPUBLIKA.CO.ID, Selain berpuasa sebagai bentuk fundamental dalam beribadah di bulan suci Ramadhan, beramal dapat menjadi suplemen ekstra penambah pahala. Berbagi makanan menjadi salah satu contohnya.

Hal ini pun dilakukan oleh bintang klub Inggris, Manchester City, Ilkay Gundogan. Tak disangka-sangka, ia memberikan kejutan bagi para penggemar the Citizens dengan membagikan paket makanan buka puasa plus sahur untuk masyarakat Indonesia.

Pemain berusia 30 tahun itu menitipkan amanah kepada kelompok pendukung Man City di Indonesia, Manchester City Supporters Club Indonesia (MCSCI). Sekitar 3.000 paket makanan ditargetkan tak hanya tersebar di Jakarta, tapi juga kota-kota lainnya.

Ketua Umum MCSCI, Endri Waluyo, mengatakan, program yang dicanangkan merupakan tindak lanjut dari pertemuan secara virtual dengan Gundogan akhir Maret 2021 lalu. Pembagian takjil merupakan permintaan langsung dari Gundogan.

"Saya Zoom meeting dengan mereka pada 23 Maret setelah mendapat e-mail dari pihak Manchester City. Kalau dari (Gundogan) ingin memberi makanan buka puasa dan sahur," kata Endri saat dihubungi Republika.co.id, Jumat (30/4).

Endri menyampaikan, kegiatan amal ini sudah dilakukan sejak puasa hari pertama. Rencananya, hal serupa akan terus dilakukan sampai Ramadhan berakhir bahkan hingga Hari Raya Idul Fitri.

"Rencana awal akan dilakukan selama 33 hari, termasuk Idul Fitri. Selain di Jakarta ada juga di Bogor, Tangerang, Bekasi, Lamongan, Kudus, Tegal, Sampit, Bali, dan Medan. Tersebar di luar Pulau Jawa. Di awal permintaan (Gundogan) memang di Jakarta. Tapi kami juga ingin berbagi di chapter dan dia setuju," ucap Endri.

Selain kudapan, Gundogan juga ingin program yang ia gagas menghadirkan kesan tersendiri. Karena itu, muncul ide penyaluran makanan dibarengi dengan pemberian hadiah spesial berupa jersey Man City kepada anak-anak. "Di Zoom dia minta ingin sesuatu yang berkesan. Saya usulkan memberi jersey, dia setuju," jelas Endri.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA