Sabtu 01 May 2021 21:46 WIB

Pandemi Covid-19 Buat Aktor Morgan Oey Belajar Banyak Hal

Morgan Oey semakin cermat mengatur perencanaan keuangan, juga menabung.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Dwi Murdaningsih
Morgan Oey
Foto: Antara
Morgan Oey

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor Morgan Oey mendapat banyak hikmah dan pelajaran dari pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung lebih dari setahun. Berbagai perspektif baru dia miliki terkait kreativitas berkarya dan juga cara mengatur finansial.

"Adaptasi dalam aktivitas banyak banget. Bisa dibilang awalnya lumayan mengusik mental karena sebagai public figure kerjaan sehari-hari kolektif libatkan banyak orang. Ketika setop, efeknya berasa banget," kata Morgan menyampaikan pengalamannya.

Baca Juga

Cerita tersebut dia sampaikan pada acara virtual "No Sleep For Weekend (NSFW) Online Conference 2.0", Jumat (30/4). Morgan sempat kaget saat sedang syuting di Salatiga pada Maret 2020 mendadak diminta berhenti karena berbagai aturan dari pemerintah.

Setelah itu, dia banyak menghabiskan waktu bekerja dari rumah (WFH) dan cukup kebingungan untuk menyesuaikan diri pada awalnya. Namun, karena kecintaan berkarya, Morgan berusaha tetap memberikan kontribusi ke industri film dan konten.

Setelah periode PSBB pertama dan mendapat izin, Morgan dan sejumlah rekan sineas menggarap serial yang syutingnya berlangsung di mobil. Dia mencari langkah yang bisa ditempuh agar tetap bisa berkarya dan saling jaga dengan protokol kesehatan.

Pemuda 30 tahun kelahiran Singkawang itu menyampaikan, proses reading dan praproduksi berlangsung via aplikasi Zoom, begitu juga diskusi dengan sutradara. Di lokasi, semua kru dan pemeran harus menjalani tes Covid-19 dan tak boleh ada kerumunan.

Efek lain dari berbagai keterbatasan selama pandemi juga mendampak kondisi finansial Morgan. Alhasil, mantan personel grup musik SM*SH itu semakin cermat mengatur perencanaan keuangan, juga menabung, menyiapkan dana darurat, dan berinvestasi.

Dengan semua kondisi yang ada, Morgan berharap industri film dan hiburan terus bertahan dan berjalan. Adanya berbagai penyesuaian dan kehadiran platform baru diyakini Morgan justru kian memicu insan film untuk berkreasi.

"Perubahan drastis sudah berlangsung selama setahun. Sebagai anak muda, enggak bisa setop gitu aja, harus terus berinovasi. Harus selalu berusaha positif," ujar Morgan yang pernah membintangi film Assalamualaikum Beijing.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement