Friday, 27 Zulhijjah 1442 / 06 August 2021

Friday, 27 Zulhijjah 1442 / 06 August 2021

Saat Sampah Menjadi Media untuk Bersedekah

Sabtu 01 May 2021 16:30 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Relawan Kelompok Swadaya Masyarakat mengumpulkan sampah hasil sedekah dari masyarakat di Bank Sampah, Sukahati, Bogor, Jawa Barat, Ahad (17/5/2020). Bank Sampah ini memiliki program khusus bagi masyarakat yang ingin bersedekah melalui sampah yang dikumpulkan, hasil penjualan sampah tersebut dibelikan paket sembako dan diberikan kepada masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19

Foto:
MUI menginisiasi gerakan sedekah sampah berbasis masjid.

Masjid menjadi koordinator dalam upaya penanganan sampah juga oleh Masjid Raya Bintaro Jaya di Jakarta. Chairul Saleh sebagai salah satu pengurus Masjid Bintaro Jaya mengatakan bahwa gerakan sedekah sampah itu adalah salah satu langkah yang dilakukan untuk mendukung gerakan Eco Masjid.

"Menjadikan masjid tidak hanya untuk keperluan ibadah, tapi masjid juga untuk membantu mengatasi persoalan lingkungan," kata Chairul.

Selain sedekah sampah, mereka juga mengembangkan program hemat air, dan memanfaatkan momentum Ramadhan untuk mengurangi plastik sekali pakai. Masjid mendorong jamaah untuk membawa tempat minum sendiri selama Shalat Tarawih.

"Kita mencoba mengembangkan tagline untuk memotivasi jamaah bahwa Datang shalat di masjid bawa sampah, pulang bawa berkah," kata Chairul.

Kedua masjid itu adalah bagian dari enam masjid percontohan untuk Gerakan Sedekah Sampah Indonesia Berbasis Masjid yang diluncurkan oleh Tim Koordinasi Nasional Penanganan Sampah Laut (TKN PSL) bersama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada hari ini.

Gerakan itu ingin mendorong masjid menjadi koordinator untuk memilah sampah plastik dan mengumpulkannya yang kemudian dijual ke bank sampah atau pengepul.

Hasil penjualan sampah dapat menjadi sumber dana untuk aktivitas masjid, serta disalurkan untuk membantu fakir miskin, anak yatim piatu dan janda sekitar lingkungan masjid.

sumber : antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA