Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Harry Triguboff, Penguasa Real Estate di Australia

Ahad 02 May 2021 06:03 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Kisah Orang Terkaya: Harry Triguboff, Miliarder Real Estat yang Kuasai Pasar Australia (Foto: Getty Images/iStockphoto)

Kisah Orang Terkaya: Harry Triguboff, Miliarder Real Estat yang Kuasai Pasar Australia (Foto: Getty Images/iStockphoto)

Harry Triguboff adalah salah satu orang terkaya di dunia

Pendiri dari Meriton Group of Companies Australia, Harry Triguboff adalah salah satu orang terkaya di dunia. Perusahaan Triguboff merupakan pengembang properti paling dihormati di Australia dan telah berada di belakang pembangunan lebih dari 68.000 properti hunian di Negeri Kanguru itu.

Pria kelahiran Dalian, Liaoning, China pada tanggal 3 Maret 1933 itu merupakan putra dari orang Yahudi Rusia (Moshe dan Frida) yang melarikan diri ke China setelah kebangkitan Lenin.

Triguboff menghabiskan masa kecilnya di komunitas Yahudi di Tianjin dan pada tahun 1947 dan pindah ke Australia untuk belajar di Scots College di Sydney. Setelah itu, ia lulus dengan gelar di bidang tekstil dari Universitas Leeds di Inggris dan bekerja di bisnis tekstil di Israel dan Afrika Selatan.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Viktor Rashnikov, Miliarder Industri Baja yang Dulunya Karyawan Biasa

Pada 1960, ia kembali ke Australia dan menjadi warga negara Australia satu tahun kemudian. Ia pun melakukan berbagai pekerjaan sambilan, termasuk menjalankan armada taksi dan memiliki toko susu di Chatswood. 

Setelah itu, ia mencoba menjual real estat dan bekerja sebagai asisten dosen di universitas, namun tidak berhasil. Dia kemudian membeli sebidang tanah di Roseville dan mendapatkan perasaan pertama untuk mengembangkan properti di blok ini.

Lalu, ia membawa dua kavling lagi dan mulai membangun unit hunian. Pada tahun 1968, ia mendaftarkan Apartemen Meriton sebagai sebuah perusahaan, dan ia pun menjadi salah satu pengembang konstruksi terkaya dan tersukses di Australia.

Dari 68.000 apartemen yang telah ia bangun sejauh ini, mahakarya utamanya adalah Menara Dunia, yang dibuat pada tahun 2004, salah satu menara bakat perumahan di Sydney pada saat itu.

Pada tahun 2015 Meriton telah membangun lebih dari 55.000 townhouse dan apartemen hunian sejak didirikan pada tahun 1963. Sejak itu, Meriton telah menjadi pengembang properti hunian terbesar di Australia.

Pada 2010, Meriton telah mengembangkan rata-rata 1.000 apartemen per tahun. Pada 2015, rata-rata melebihi 3.000 per tahun. Secara khusus, Triguboff telah berkonsentrasi di Gold Coast dan Brisbane di Queensland, dan kawasan pusat bisnis Sydney, membangun lebih banyak apartemen daripada pengembang perumahan Australia lainnya. Dia adalah pendukung bahwa populasi Australia harus tumbuh hingga mencapai 100 juta.

Pada tahun 2004, Meriton menyelesaikan pembangunan World Tower, gedung apartemen hunian tertinggi di Sydney. Setelah membangun gedung, dia lebih suka menyewakannya sampai pembeli tiba daripada membiarkan kosong. Pendekatan ini memungkinkan Triguboff untuk menguasai pasar. Triguboff diketahui tidak pernah meminjam dari bank. Tak aneh kekayaannya kini mencapai USD11,3 miliar (Rp163 triliun).

(kurs Rp14.445/USD)

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA