Sabtu 01 May 2021 11:08 WIB

Tips Jitu Mengajarkan Anak-Anak Membaca Alquran Sejak Dini

Ini dia tips sukses ajarkan anak membaca Alquran:

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Tips Jitu Mengajarkan Anak-Anak Membaca Alquran Sejak Dini
Tips Jitu Mengajarkan Anak-Anak Membaca Alquran Sejak Dini

Mengamalkan kitab suci Al-Qur’an merupakan sesuatu yang wajib dilakukan oleh semua umat Islam. Al-qur’an merupakan kitab suci yang diturunkan oleh Allah S.W.T kepada Nabi Muhammad S.A.W. Di dalam kitab Al-Qur’an ini terdapat berbagai macam amalan suci yang berisi tentang penjelasan kehidupan bagi umat Islam.

Sudah sewajarnya sebagai umat Islam harus bisa membaca Al-Qur’an. Sejak dini, peran orang tua dan pengajar diperlukan agar anak-anak bisa membaca Al-Qur’an dengan tajwid yang benar. Kontribusi dua pihak tersebut tentunya tidak boleh dianggap sepele.

 

Tips Mengajar Al-Qur'an pada Anak dalam 3 Tahapan

baca Al-Qur

Anak-anak perlu dikenalkan dengan Al-Qur’an sejak dini, agar mereka bisa merekatkan hubungan rohaninya dengan Al-Qur’an. Seperti yang kita ketahui, bahwa sebagai orang ‘ajam (bukan penutur bahasa Arab), membaca huruf Arab sedikit sulit. Maka dari itu diperlukan tips yang jitu agar anak-anak mudah membaca Al-Qur’an dengan baik.

Ada 3 tahap proses belajar yang Al-Qur'an yang harus diperhatikan dengan baik oleh orang tua yaitu:

1. Sebelum Mulai Pembelajaran

Pada tahap pertama, pengajar atau orang tua harus membuat anak-anak meningkatkan konsentrasi mereka. Agar anak-anak menjadi lebih fokus dengan apa yang akan dipelajari nanti.

Membiasakan anak-anak untuk berdo’a sebelum memulai pembelajaran agar diberi rahmat dan ilmu yang diserap menjadi barokah.

Berikan pemanasan singkat dengan mengawali bercerita tentang hikmah apa saja yang didapatkan dari membaca Al-Qur’an. Jelaskan secara umum keutamaan membaca Al-Qur’an.

2. Selama Masa Pembelajaran

Dianjurkan mengajari anak-anak membaca Al-Qur’an langsung dari mushaf. Dalam pembelajaran, jangan lupa untuk mengajarkan juga tentang ilmu tajwid agar bacaannya benar. Ilmu tajwid yang sangat luas tidak perlu langsung diajarkan semuanya, secara bertahap saja.

Namun, pastikan mengajarkan ilmu tajwid dari yang paling dasar terlebih dahulu.

Mencontohkan bacaan Al-Qur’an di awal pembelajaran. Tujuannya untuk memberikan gambaran bagaimana membaca Al-Qur’an yang tepat. Boleh dilakukan sekali terlebih dahulu.

Setelah membacakan contoh bacaan Al-Qur’an, perintahkan anak-anak untuk membaca sepenggal demi sepenggal ayat Al-Qur’an secara bersamaan. Lakukan berkali-kali.

Apabila mengajarkan membaca Al-Qur’an kepada lebih dari satu anak, bagilah waktu dengan baik. Gunakan metode baca-ulang-benarkan. Jika  sedang membenarkan bacaan anak yang salah, suruh anak yang lain mengulang bacaan surah secara bersamaan. Selanjutnya bergantian seperti itu.

Selanjutnya minta anak-anak untuk membaca satu persatu. Hal ini bertujuan agar bacaan setiap anak bisa di-review letak kesalahannya ada sebelah dimana.

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement