Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Inggris Segera Legalkan Kendaraan Otonom

Sabtu 01 May 2021 16:10 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih

Mobil Otonom. Ilustrasi

Mobil Otonom. Ilustrasi

Foto: Sciencealert
Inggris akan mulai melegalkan kendaraan otonom pada akhir tahun ini.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Kehadiran kendaraan otonom perlu dicakup oleh regulasi yang matang. Sebab, sistem kendali otonom berkaitan langsung dengan keselamatan lalu lintas.

Sejumlah negara pun terus melakukan kajian dalam menyambut kehadiran kendaraan otonom. Dilansir dari Car Advice pada Jumat (30/4), salah satu negara yang telah bersiap untuk menyambut sistem self driving adalah Inggris.

Bahkan, saat ini kajian soal regulasi kendaraan otonom di Inggris telah mencapai tahap final. Rencananya, Inggris akan mulai melegalkan kendaraan otonom pada akhir tahun ini.

Department of Transport Inggris menyatakan, nantinya fitur automated lane-keeping systems (ALKS) akan jadi salah satu fitur pertama yang boleh diterapkan. Tapi, fitur itu hanya boleh diterapkan dengan kecepatan maksimal 60 kilometer/jam.

Artinya, Inggris mulai menerima ALKS sebagai pendamping sistem adaptive cruise control. Dengan regulasi yang sesuai, maka diharapkan fitur ini mampu memberikan kemudahan namun tetap aman.

Setelah regulasi ini berlaku, maka otoritas Inggris akan melakukan evaluasi, Jika regulasi ini dapat berjalan dengan baik, maka batas kecepatan maksimal selanjutnya akan ditingkatkan menjadi 112 kilometer/jam.

Artinya, saat ini Inggris masih membatasi sistem kendali otonom pada level tiga. Berbeda dengan Ameriak Serikat yang saat ini mulai mencoba memperluas penerapan sistem kendali otonom pada level empat dan lima.

Tahun lalu, Amerika Serikat (AS) juga terus memantangkan regulasi soal sistem kendali otonom. Pembahasan soal regulasi ini sendiri dilakukan oleh The National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) dan Kementerian Transportasi AS.

Kini, pembahasan itu telah memasuki tahap final. Lewat pemabahsan ini, maka kini terdapat sejumlah ubahan regulasi yang dilakukan sesuai dengan kemungkinan kondisi dalam kendaran otonom level 3,4 dan level 5.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA