Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Napoli Sudah Siapkan Daftar Kandidat Pengganti Gattuso 

Sabtu 01 May 2021 10:47 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Ratna Puspita

Pelatih Napoli Gennaro Gattuso

Pelatih Napoli Gennaro Gattuso

Foto: Republika.
Napoli sukses menorehkan rekor tidak pernah kalah dalam 10 laga terakhir.

REPUBLIKA.CO.ID, NAPLES -- Napoli sukses menorehkan rekor tidak pernah kalah dalam 10 laga terakhir di pentas Liga Italia, dengan rekor dua hasil imbang dan delapan kemenangan. Torehan ini akhirnya membawa I Partenopei terus menjaga asa finis di empat besar Serie A musim ini dan tampil di Liga Champions musim depan. 

Selama periode tersebut, Napoli berhasil mengalahkan sejumlah pesaing-pesaing terdekatnya di papan klasemen sementara, termasuk membungkam AC Milan, 1-0, dan membekuk Lazio, 5-2. Pun dengan keberhasilan Lorenzo Insigne dan kawan-kawan menahan imbang pemuncak klasemen sementara, Inter Milan, 1-1. 

Baca Juga

Ujungnya, Napoli bertengger di peringkat kedua dengan koleksi 66 poin dari 33 laga. Koleksi poin I Partenopei sama dengan yang dikantongi Juventus dan AC Milan. 

Di lima laga sisa Liga Italia, Napoli pun masih memiliki peluang besar untuk bisa finish di empat besar. Kendati demikian, kondisi tersebut tidak serta merta menjamin kelanjutan kiprah Gennaro Gattuso di kursi pelatih Napoli. 

Negosiasi perpanjangan kontrak, yang terus menemui jalan buntu, membuat eks pelatih AC Milan itu terus dikabarkan bakal mengakhiri kiprahnya sebagai pelatih Napoli pada akhir musim ini. Hal ini seiring dengan habisnya kontrak Gattuso dengan klub asal Naples tersebut. 

I Partenopei pun dikabarkan telah siap apabila nantinya Gattuso memutuskan hengkang dari Stadion Diego Maradona. Bahkan, pemilik Napoli, Aurelio De Laurentiis, telah menyusun sebuah daftar berisi sejumlah nama pelatih yang dianggap sebagai kandidat terkuat untuk menggantikan Gattuso pada musim depan. 

Nama pertama yang muncul adalah Luciano Spalletti. ''Kemunculan nama mantan pelatih Inter Milan dan AS Roma itu sebenarnya tidaklah terlalu mengejutkan. Sebelumnya, Napoli sempat dikabarkan telah melakukan pendekatan kepada Spalletti. Pelatih asal Italia itu pun sudah siap membesut Napoli asalkan mendapatkan gaji sebesar empat juta euro per musim,'' tulis laporan Sky Sports Italia seperti dilansir Football Italia, Sabtu (1/5).

Selain Spalletti, ada pula nama pelatih Lille, Christophe Galtier. Pelatih berusia 54 tahun itu telah menukangi klub asal Prancis tersebut sejak Desember 2017 silam. 

Kontrak Galtier juga bakal berakhir pada Juni 2021 mendatang atau seiring tuntasnya kompetisi pada musim ini. Sementara nama terakhir yang muncul adalah pelatih Spezia, Vincenzo Italiano. 

Di bawah kendali Italiano, performa salah satu tim promosi di pentas Serie A musim ini tidak terlalu buruk. Spezia masih berada di luar zona degradasi dan bertengger di peringkat ke-15 dengan raihan 33 poin dari 33 laga. 

''Hubungan antara De Laurentiis dan Gattuso sepertinya akan sulit untuk bisa kembali pulih seperti sedia kala. Namun, meski De Laurentiis dikabarkan siap memberikan kesempatan kepada Gattuso untuk bertahan di Napoli apabila berhasil membawa I Partenopei tampil di Liga Champions musim depan,'' lanjut laporan Sky Sports Italia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA