Sabtu 01 May 2021 00:49 WIB

Mengapa Tsunami Covid-19 Begitu Mengerikan di India?

India mengalami serangan hebat gelombang covid-19 yang menewaskan ribuan orang

Rep: Anadolu/ Red: Elba Damhuri
 Kerabat melakukan upacara terakhir untuk korban COVID-19 selama pemakaman mereka di tempat kremasi di New Delhi, India,  Kamis (29/4). Delhi melaporkan 25.986 kasus baru, 368 kematian dalam 24 jam terakhir dan terus berjuang dengan pasokan oksigen.
Foto: EPA-EFE/IDREES MOHAMMED
Kerabat melakukan upacara terakhir untuk korban COVID-19 selama pemakaman mereka di tempat kremasi di New Delhi, India, Kamis (29/4). Delhi melaporkan 25.986 kasus baru, 368 kematian dalam 24 jam terakhir dan terus berjuang dengan pasokan oksigen.

REPUBLIKA.CO.ID, -- Oleh Syed Iftikhar, Jurnalis Anadolu Turki

ANKARA -- Panggilan telepon dari ibu kota India, New Delhi, akhir-akhir ini membuat bulu kuduk merinding. Selama beberapa hari terakhir, setiap kali telepon berbunyi, panggilan itu membawa berita tentang kematian seorang teman atau mantan rekan kerja. 

Banyak teman yang dirawat di rumah sakit terengah-engah karena kerabat mereka yang berlari pontang-panting untuk mengatur silinder menggunakan setiap posisi di bawah lengan mereka.

Seorang penelepon dari Faridabad, di pinggiran New Delhi, menginginkan bantuan untuk mengkremasi ayahnya yang telah meninggal. Ada antrian panjang di luar krematorium, kata dia.

Panggangan besi krematorium listrik meleleh karena tungku terus-menerus membakar. Penelepon lain mengeluh karena tidak ada kayu tersisa di krematorium untuk pemakaman pamannya.

Vinay Srivastava, seorang jurnalis yang berbasis di Lucknow, ibu kota provinsi terbesar di India, Uttar Pradesh, men-cuit di Twitter dan menandai teman-teman dan otoritas untuk memohon tabung oksigen sampai dia menghembuskan nafas terakhir.

Rumah sakit terkemuka sedang mengetuk pintu pengadilan untuk memastikan pasokan oksigen. Di Rumah Sakit Ganga Ram, fasilitas kesehatan terkemuka di New Delhi, 19 pasien meninggal karena persediaan berkurang. Beberapa jam yang lalu, administrasi rumah sakit telah mengirim pesan panik kepada pihak berwenang meminta tanker oksigen.

Ayah dari Smridhi Saxena, seorang pembawa acara radio terkemuka di ibu kota komersial India, Mumbai, mengatakan bahwa terlepas dari sumber daya dan pengaruh, dia tidak dapat memberikan tabung untuk ayahnya yang sakit, yang membutuhkan suplai oksigen yang mendesak. Dia mengatakan biaya satu silinder di kota telah melonjak hingga 20.000-30.000 rupee (USD270-USD370) dan hanya bertahan selama dua hingga tiga jam.

Ibu mertua mantan kolega dan jurnalis senior dinyatakan positif korona. Meski ada sumber daya dan kontak di setiap tingkat, mereka harus berkeliling ke empat rumah sakit untuk mencari tempat tidur. 

Sampai mereka bisa menyelesaikan dokumen dan menemukan tempat tidur, wanita tua itu pingsan di dalam kendaraan. Kini selama empat hari terakhir, jenazah berada di kamar mayat, karena ada daftar tunggu yang panjang di krematorium.

Catatan pensiunan hakim Ramesh Chander dalam bahasa Hindi beredar di media sosial meminta bantuan untuk membawa jenazah istrinya ke krematorium. 

"Saya dan istri saya sama-sama telah dites positif Covid-19. Saya mencoba semua nomor saluran bantuan. Tapi tidak ada yang menjawab, sampai istri saya pingsan di pagi hari," ungkap catatan itu.

Dari Varanasi, yang merupakan daerah pemilu Perdana Menteri Narendra Modi, seorang warga Vimal Kapoor mengatakan ibunya meninggal dunia di rumah sakit karena tidak ada tempat tidur. 

"Saya melihat orang dirawat di tempat parkir. Tidak ada ruang di dalam rumah sakit. Di krematorium, mayat diikat, dan harga kayu meroket," tambah dia. Kapoor harus menunggu selama 15 jam agar ibunya dikremasi.

 

Sumber: https://www.aa.com.tr/id/berita-analisis/opini-terlalu-percaya-diri-dan-pelanggaran-protokol-gagalkan-upaya-lawan-covid-19-di-india/2223966

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement