Jumat 04 Jun 2021 05:37 WIB

Khasiat 3 Buah Favorit Rasulullah SAW

3 Buah Favorit Rasulullah SAW memiliki khasiat dari sisi medis.

Foto: republika
Khasiat tiga buah favorit Rasulullah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  Nabi Muhammad SAW juga menggemari buah-buahan. Dari sekian banyak macam yang ada, sejumlah buah menjadi makanan kesukaan beliau. 

Buah-buah yang digemari Rasulullah SAW tersebut juga mempunyai khasiat dari segi medis. Berikut ini sejumlah buah favorit Rasulullah berikut khasiatnya: 

>Kurma

Jenis kurma yang paling terkenal di kalangan Muslimin ialah ajwa. Kurma ini bisa menangkal racun dan sihir bila dikonsumsi pagi hari memakan tujuh butir kurma ajwa (HR Bukhari).  

>Delima

Buah ini salah satu buah surga (QS Rahman 68). Rasulullah SAW memuji delima sebagai penyembuh bagi tubuh. Di antaranya menjaga jantung dan usus agar terus berfungsi optimal. Selain itu mencegah cacing pita serta menyembuhkan penyakit disentri. Menurut Ibnu Sina kulit buah tersebut diyakini mampu mengusir serangga dan hama.

Semangka

Semangka merupakan salah satu buah kegemaran Nabi Muhammad SAW. (HR Abu Dawud dan Imam Tirmidzi). Daging buahnya kaya vitamin A, kalsium, betakaroten, serat, serta air. Biji semangka berkhasiat untuk kesehatan tubuh mengandung sejumlah zat, yakni antara lain, vitamin B, magnesium, dan lemak baik. Ada pula kandungan fosfor, natrium, dan kalium di dalamnya.

Penulis: Hasanul Rizqa

Pengolah: Nashih Nashrullah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement