Jumat 30 Apr 2021 11:01 WIB

Pasukan AS Mulai Menarik Diri dari Afghanistan

Peralatan perang dan pasukan AS mulai menarik diri dari Afghanistan

Tentara Afghanistan dan perlengkapan perang AS.
Foto: Anadolu Agency
Tentara Afghanistan dan perlengkapan perang AS.

IHRAM.CO.ID, WASHINGTON -- Pasukan Amerika Serikat (AS) mulai menarik diri dari Afghanistan sebagai bagian dari rencana otoritas Biden untuk sepenuhnya meninggalkan negara yang dilanda perang itu setelah 20 tahun konflik, lapor harian CNN pada Kamis.

Sebagian besar pasukan, kurang dari 100 tentara, telah dipindahkan oleh pesawat bersama peralatan militer, kata laporan itu, mengutip pernyataan beberapa pejabat pertahanan AS.

Seperti dilansir Anadolu Agency, Presiden Joe Biden pada awal April mengumumkan bahwa AS akan menarik semua pasukannya pada 11 September - peringatan 20 tahun serangan teror 11 September yang memicu operasi militer Amerika di Afghanistan.

Menurut pejabat yang sama, kontraktor dan pegawai pemerintah AS juga akan diberangkatkan, ujar harian itu.

Pengerahan pasukan asing ke Afghanistan dimulai pada 7 Oktober 2001, ketika AS, bersama Inggris, meluncurkan Operasi Kebebasan Abadi.

Mereka bergabung dengan 43 sekutu dan mitra NATO setelah PBB mengesahkan Pasukan Bantuan Keamanan Internasional pada 20 Desember 2001.

Saat ini terdapat 9.592 tentara dari 36 negara yang ditempatkan di Afghanistan. AS berada di puncak daftar pasukan asing di sana dengan 2.500 tentara.

AS telah mengerahkan kapal induk ke wilayah tersebut untuk segera mengerahkan pesawat tempur jika pasukan Amerika diserang oleh Taliban.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement