Jumat 30 Apr 2021 07:20 WIB

Angkasa Pura Evaluasi Mitra Tes Covid-19 di Bandara

Saat ini AP II bekerja sama dengan dua perusahaan untuk melayani tes Covid-19.

Rep: r/ Red: Nidia Zuraya
Calon penumpang pesawat melakukan pendaftaran untuk mengikuti tes cepat COVID-19 di area Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Calon penumpang pesawat melakukan pendaftaran untuk mengikuti tes cepat COVID-19 di area Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Angkasa Pura (AP) II melalui PT Angkasa Pura Solusi melakukan evaluasi terhadap mitra yang bekerja sama dalam penyelenggaraan tes Covid-19 di bandara yang dikelola. Saat ini AP II bekerja sama dengan dua perusahaan untuk melayani tes Covid-19 di bandara yakni Farmalab dan Kimia Farma Diagnostika. 

"Kami melakukan evaluasi keseluruhan. Yang di Bandara Kualanamu itu kami kerja sama dengan Kimia Farma Diagnostika," kata Direktur Komersial Angkasa Pura Solusi Yundriari Erdani Mitra kepada Republika.co.id, Kamis (29/4). 

Yundriari mengatakan, evaluasi yang dilakukan juga termasuk kelanjutan kerja sama dengan kedua mitra tersebut. Dia menambahkan, khusus layanan tes Covid-19 di Bandara Kualanamu ditutup sementara. 

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan juga meminta adanya pemeriksaan secara rutin terhadap layanan kesehatan di bandara. Hal tersebut menyusul penyalahgunaan alat rapid test antigen secara berulang kepada calon pengguna transportasi udara dengan menggunakan alat stick cotton bud bekas yang dibersihkan di Bandara Kualanamu.

Selain itu, dua oknum juga terlibat dalam meloloskan WNI yang tiba dari India di Bandara Soekarno-Hatta tanpa menjalani karantina. 

“Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub meminta seluruh Kantor Otoritas Bandar Udara dan Penyelenggara Bandar Udara untuk melakukan koordinasi dengan KKP atau Dinas Kesehatan yang bertugas agar dapat melakukan pemeriksaan rutin terhadap pelayanan kesehatan di bandaranya masing-masing,” kata Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement