Jumat 30 Apr 2021 06:38 WIB

Wiku: WGS 12 WNA India Masih Belum Selesai

WGS dilakukan pemerintah untuk memetakan varian Covid-19 yang masuk ke Indonesia

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito
Foto: Satgas Covid-19
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan, pemeriksaan whole genome sequencing (WGS) terhadap spesimen 12 WNA asal India yang terkonfirmasi positif masih dilakukan. Wiku mengatakan, prosedur WGS ini dilakukan pemerintah untuk memetakan varian Covid-19 yang masuk ke Indonesia.

“Saat ini proses WGS terhadap 12 WNA masih dijalankan dan diharapkan hasilnya dapat segera keluar,” kata Wiku saat konferensi pers, Kamis (29/4).

Untuk mencegah masuknya varian Covid-19 dari luar negeri, pemerintah pun melakukan pengawasan ketat di berbagai pintu masuk Indonesia. Pemerintah melalui Ditjen Imigrasi juga melarang WNA India masuk ke Indonesia.

Namun bagi WNI yang baru saja tiba dari India tetap diperbolehkan masuk dengan menjalankan protokol kesehatan yang sangat ketat.

“Seperti membawa hasil PCR negatif, tes ulang setibanya di Indonesia, karantina 14 hari, dan tes ulang pasca karantina,” tambah dia.

Sebelumnya, dari 127 WNA India yang masuk ke Indonesia, sebanyak 12 di antaranya dinyatakan positif Covid-19. Pemerintah pun telah mengambil sampel untuk dilakukan WGS guna mengetahui varian dari Covid-19 yang diderita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement