Kamis 29 Apr 2021 19:59 WIB

Jenis Apel Terbaik untuk Dimakan Menurut Ahli

Banyaknya jenis apel membuat orang terkadang bingung untuk memilihnya.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Banyaknya jenis apel membuat orang terkadang bingung untuk memilihnya.
Foto: PxHere
Banyaknya jenis apel membuat orang terkadang bingung untuk memilihnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah idiom menyebutkan bahwa menyantap sebutir apel setiap hari bisa menjauhkan seseorang dari dokter. Artinya, asupan buah sehat itu membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit sehingga tak perlu berobat ke dokter.

Dengan banyaknya jenis apel yang tersedia di pasaran, mungkin seseorang masih bingung mana yang harus dipilih. Pakar nutrisi Sarah Garone mengemukakan pendapatnya mengenai apel terbaik untuk disantap karena kandungannya.

Baca Juga

Ahli diet berlisensi yang berbasis di Washington, Amerika Serikat, itu tentunya mengulas apel yang ada di negaranya. Ada tiga jenis apel yang populer di pasaran AS, yakni Pink Lady, Granny Smith, dan Honeycrisp.

Ketiga jenis apel itu punya warna, tekstur, dan rasa beragam. Pink Lady berwarna merah muda terang dan memiliki citarasa manis. Granny Smith berwarna hijau dengan rasa asam yang segar, sementara Honeycrisp merah terang dengan semburat kehijauan.

Menurut Garone, pada dasarnya semua jenis apel menyehatkan dan tidak ada pilihan buruk di antara semua varietas yang ada. Semua buah apel mengandung serat, kalium, vitamin C, dan antioksidan bernama quercetin.

Kombinasi berbagai kandungan itu menjadi penangkal yang baik untuk peradangan dan mencegah jenis kanker tertentu. Perbedaan yang ada di antara beberapa jenis apel terletak pada jumlah kalori yang berbeda-beda.

"Semuanya tetap memenuhi syarat sebagai camilan rendah kalori dan padat nutrisi. Membeli apel organik yang ditanam secara lokal juga akan membuat camilan itu berasal dari produk segar dengan dampak lingkungan yang rendah," kata Garone.

Meski begitu, jika harus memilih, Garone akan lebih sering menyantap apel hijau Granny Smith. Pasalnya, jenis apel itu mengandung gula yang lebih rendah daripada beberapa varietas apel lain, seperti apel Fuji atau Jonagold.

Selain antioksidan quercetin, Granny Smiths pun sarat dengan senyawa polifenol tambahan yang bernama rutin, reynoutrin, dan avicularin. Semuanya punya efek antiinflamasi yang sangat baik untuk mencegah penyakit kronis.

Granny Smith juga berperan penting dalam kesehatan pencernaan. Pektin, serat larut yang ditemukan di kulit apel Granny Smith, merupakan sumber serat prebiotik yang memberi makan bakteri baik di saluran pencernaan.

Itu terungkap dalam sebuah penelitian yang telah diterbitkan oleh jurnal Food Chemistry. Studi mengevaluasi tujuh varietas apel dan menemukan bahwa Granny Smith menjadi yang teratas untuk meningkatkan bakteri usus yang sehat.

"Menyantapnya dalam salad, dengan sandwich, atau diiris dengan selai kacang, rasa asam manis Granny Smith tak pernah salah. Pastikan memakan kulitnya, di situlah letak antioksidannya," kata Garone, dikutip dari laman Eat This, Rabu (28/4).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement