Wednesday, 6 Zulqaidah 1442 / 16 June 2021

Wednesday, 6 Zulqaidah 1442 / 16 June 2021

Ini Beda Espresso dan Kopi Hitam

Kamis 29 Apr 2021 19:56 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Nora Azizah

Ada perbedaan terbesar dalam dunia kopi, yaitu antara espresso dan kopi hitam.

Ada perbedaan terbesar dalam dunia kopi, yaitu antara espresso dan kopi hitam.

Foto: Wikimedia
Ada perbedaan terbesar dalam dunia kopi, yaitu antara espresso dan kopi hitam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang yang suka menikmati kopi di pagi hari maupun sore hari. Variannya pun bermacam-macam sesuai selera. Namun, ada salah satu perbedaan terbesar dalam dunia kopi, yaitu antara espresso dan kopi hitam.

Dilansir dari mashed pada Kamis (29/4), kopi espresso berasal dari sumber yang sama, karena semua biji kopi adalah produk tanaman Coffea. Tetapi metode pemanggangan, penggilingan, persiapan dan pembuatan bir yang membedakan minuman espresso dari secangkir kopi hitam. Biji espresso digiling halus dan dipanggang untuk jangka waktu yang lebih lama, sehingga cenderung memiliki rasa yang lebih kaya dan lebih pekat daripada kopi hitam.

Baca Juga

Ini disiapkan menggunakan air panas bertekanan tinggi, yang memberikan rasa yang lebih kuat dan lebih pekat saat melewati biji espresso bubuk. Lalu, konsentrasinya yang lebih tinggi, sejumlah kecil espresso juga memberikan dorongan energi yang cukup tinggi, dengan minuman khas 1,5 ons yang mengandung antara 60 dan 80 miligram kafein per Home Grounds.  

Secangkir kecil espresso pekat biasanya digunakan sebagai bahan utama dalam minuman susu berbusa seperti latte dan cappucino. Meskipun kopi hotam tidak terlalu pekat, namun kopi dapat memberikan efek berkafein. Faktanya, secangkir kopi rata-rata dapat menghasilkan setidaknya 70 hingga 140 miligram kafein dalam satu cangkir delapan ons, tergantung pada jenis kacang yang digunakan. 

Kopi hitam juga cenderung memiliki rasa yang lebih lembut dan cara pembuatannya lebih sederhana.  Untuk menyiapkan secangkir kopi hitam biasa, air panas dituangkan di atas bubuk kopi, yang biasanya dipanggang dalam waktu yang lebih singkat, dengan kecepatan dan tekanan yang lebih rendah.  Hasil akhirnya adalah minuman yang lebih ringan, kurang pekat dan sedikit lebih asam daripada espresso.

Jadi, jika Anda lebih suka rasa yang lebih gelap dan lebih kaya, Anda mungkin lebih suka mengambil minuman berbasis espresso seperti latte atau cappuccino.  Namun, jika Anda hanya ingin menikmati secangkir kopi biasa dengan rasa yang tidak terlalu kuat, maka kopi hitam mungkin pilihan yang tepat.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA