Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Presiden Biden Minta Kongres Danai Program Makan Gratis

Kamis 29 Apr 2021 19:21 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Dwi Murdaningsih

 Presiden Joe Biden berbicara tentang COVID-19, di Halaman Utara Gedung Putih, Selasa, 27 April 2021, di Washington.

Presiden Joe Biden berbicara tentang COVID-19, di Halaman Utara Gedung Putih, Selasa, 27 April 2021, di Washington.

Foto: AP/Evan Vucci
Biden meminta Kongres mengalokasikan 45 miliar dolar untuk makanan gratis.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden AS Joe Biden meminta kepada Kongres  mengalokasikan 45 miliar dolar AS untuk menyediakan makanan gratis bagi jutaan anak dari keluarga berpenghasilan rendah. Ini adalah sebuah langkah untuk mengentaskan kemiskinan setelah pandemi Covid-19.

Biden menginginkan parlemen menggelontorkan dana untuk program makan gratis bagi keluarga berpenghasilan rendah. Program tersebut yaitu dengan memberikan uang tunai kepada mereka selama libur sekolah musim panas.

Biden juga meminta parlemen menyediakan lebih banyak dana untuk program makan gratis di daerah yang sangat miskin sepanjang tahun ajaran sekolah. Program nutrisi adalah salah satu komponen Rencana Keluarga Amerika senilai 1,8 triliun dolar AS, yang dicanangkan oleh pemerintahan Biden.

Program ketahanan pangan tersebut menggunakan sistem subtitusi silang. Pemerintah akan menaikkan pajak orang-orang kaya untuk menopang keluarga berpenghasilan rendah.

"Pandemi menggambarkan kebutuhan untuk mengatasi kerawanan pangan. Beberapa dari investasi ini benar-benar menarik pelajaran yang didapat selama pandemi," ujar penasihat Gedung Putih bidang pertanian dan kebijakan pedesaan, Kelliann Blazek.

Pemerintahan Biden meminta Kongres memberikan insentif kepada sekolah-sekolah yang memiliki program makanan sehat. Proposal program makan gratis dan insentif tersebut membutuhkan persetujuan dari Kongres yang terpecah.

Menurut data Departemen Pertania  AS, pada 2019 sebanyak 5,3 juta anak tinggal di rumah tangga yang tidak dapat menjamin makanan untuk seluruh keluarga sepanjang tahun.
 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA