Kamis 29 Apr 2021 16:15 WIB

Merebut Pasar dengan Sistem Common Rail

Common rail memungkinkan kontrol emisi, konsumsi bahan bakar dan tenaga lebih baik

Tampak Truk Hino yang menggunakan mesin diesel sistem Common rail
Foto: HMSI
Tampak Truk Hino yang menggunakan mesin diesel sistem Common rail

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Kehadiran teknologi Common rail telah merubah kemampuan kendaraan bermesin diesel seperti truk lebih mumpuni. Selain lebih ramah lingkungan dan efisien, teknologi ini sudah sesuai dengan standar Euro 4 yang rencananya akan diterapkan tahun depan. 

Dalam sistem common rail bahan bakar disemprotkan ke ruang bakar oleh injektor yang dikontrol secara elektronik. Kerja injector menentukan jumlah dan waktu bahan bakar disemprotkan yang diatur oleh komputer mesin atau ECU. Sehingga kombinasi inilah yang digunakan meningkatkan kerja mesin diesel sekarang ini.

Mesin injeksi common rail memungkinkan kontrol emisi dan konsumsi bahan bakar dan tenaga yang lebih baik. Dengan kata lain, mesin dengan teknologi common rail dapat memberikan lebih banyak tenaga ke kendaraan dan mengonsumsi lebih sedikit bahan bakar serta menghasilkan lebih sedikit emisi untuk itu mesin Common Rail menjadi lebih irit.

Perawatan kendaraan dengan mesin common rail lebih mudah dibanding mesin konvensional. Karena perawatan diesel common rail sudah menggunakan sensor sehingga jauh lebih mudah dan lebih cepat dengan konvesional yang masih manual. Untuk kendaraan niaga modern sudah dilengkapi dengan sambungkan alat yang disebut dengan Diagnostic Explorer (DX) Tools. Alat ini akan membantu mendeteksi kerusakan pada kendaraan. Sehingga kendaraan menjadi lebih cepat lagi untuk kembali beroperasi. 

Selain itu seluruh mekanik juga sudah menjalankan pelatihan atau pendidikan mengenai mesin common rail sehingga mereka mampu melakukan perbaikan. "Dalam fase Hino Road to Euro4 saat ini, berbagai pengembangan kendaraan telah kami lakukan sebagai pemain utama bus dan truk di Indonesia. Hal ini untuk memastikan kesiapan implementasi standar emisi Euro4 tahun depan," kata Masato Uchida, President Director PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI). 

Engine Hino Common Rail memiliki berbagai macam keunggulan seperti sistem supply bahan bakar. Hino Common Rail memiliki 3x penyaringan bahan bakar, hal ini melindungi engine dari kontaminasi bahan bakar. Saat ini beberapa model truk dan bus Hino yang bermesin common rail sudah menjadi andalan para pebisnis di Indonesia. 

Pelatihan mengenai Hino Common Rail Engine diberikan kepada mekanik dan juga pengemudi dengan berbagai macam materi pelatihan yang memudahkan bisnis konsumen. Karena dengan pelatihan dapat membantu memberikan pengetahuan dan pemahaman yang baik dan benar sehingga ketika kembali terjun ke lapangan dapat memberikan kontribusi yang baik bagi perusahaan."Training  gratis kami berikan bagi pelanggan setia kami agar para pengemudi dan mekanik mereka paham akan kelebihan teknologi ini dan mereka bisa melakukan perawatan sendiri," kata Santiko Wardoyo Chief Operating Officer (COO) - Director HMSI.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement