Pendapat yang Menyebutkan Alquran Diturunkan Secara Langsung

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil

 Kamis 29 Apr 2021 16:06 WIB

Dalil tentang Alquran Diturunkan Secara Langsung. Foto:  Ilustrasi Nuzulul Quran Foto: Foto : MgRol_93 Dalil tentang Alquran Diturunkan Secara Langsung. Foto: Ilustrasi Nuzulul Quran

Malam 17 Ramadhan identik dengan turunnya Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Malam ke-17 Ramadhan identik dengan peristiwa diturunkannya Alquran. Sebagian ulama berpendapat bahwa Alquran diturunkan secara langsung ke langit dunia (baiytul-izzah).

"Ada beberapa ayat yang dijadikan alasan dan argument oleh ulama tentang pendapat ini, bahwa Alquran turun sekaligus lebih dahulu ke baiytul-‘izzah, sebelum akhirnya disampaikan oleh Jibril kepada Muhammad SAW," kata Ustaz Ahmad Zarkasih Lc, dalam bukunya "Meraih Lailatul Qadar Haruskah Itikaf?"

Baca Juga

Beberapa ayat yang menguatkan pendapat di atas adalah surah Al-Baqarah ayat 185. 

"Bulan Ramandhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Alquran."

Dan surah Qodr ayat 1 yang artinya. "Sesungguhnya kami menurunkannya Alquran pada malam kemuliaan."

Surah Ad-dukhan ayat 3 mendukung pendapat di atas. "Sesungguhnya kami menurunkannya Alquran pada malam yang diberkahi." 

Ustaz Ahmad Zarkasih mengatakan, dalam tiga ayat di atas, semua menjelaskan tentang turunnya Alquran pertama kali, yaitu pada bulan Ramadhan tepatnya malam lailatul qodar; malam kemuliaan. 

Dan pada surat Ad-Dukhon, yang dimaksud malam mubarok alias malam yang diberkahi ialah malam lailatul qodar pada bulan ramadhan sebagaimana yang dikatakan oleh kebanyakan ulama tafsir, salah satunya adalah Imam al-Alusiy dalam kitab tafsirnya.

"Nah, dalam ayat-ayat tersebut, Allah SWT menggunakan kalimat anzala, yang secara bahasa artinya itu adalah menurunkan. Dan itu dimaksudkan menurunkan secara seklaigus," katanya.

Karena dalam ayat lain, Allah SWT menjelaskan proses turunnya ayat kepada Muhammad tidak menggunakan kalimat anzala, tapi menggunakan kalimat Nazzala; yang berarti adalah menurunkan secara berangsuran.

 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X