Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Kiat Pemprov Riau Gairahkan Bisnis UMKM

Kamis 29 Apr 2021 15:19 WIB

Red: Hiru Muhammad

Dalam upaya kembali menggairahkan UMKM yang terdampak Covid-19, pemerintah Provinsi Riau dalam hal ini berupaya menghadirkan solusi terhadap UMKM di Riau yang jumlahnya kurang lebih 191.778 di mana 37.027 berdomisili di Pekanbaru.

Dalam upaya kembali menggairahkan UMKM yang terdampak Covid-19, pemerintah Provinsi Riau dalam hal ini berupaya menghadirkan solusi terhadap UMKM di Riau yang jumlahnya kurang lebih 191.778 di mana 37.027 berdomisili di Pekanbaru.

Foto: istimewa
Kerja sama ini dilakukan untuk menghasilkan barang dan jasa yang berkualitas

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU--Dalam upaya kembali menggairahkan UMKM yang terdampak Covid-19, pemerintah Provinsi Riau dalam hal ini berupaya menghadirkan solusi terhadap UMKM di Riau yang jumlahnya kurang lebih 191.778 di mana 37.027 berdomisili di Pekanbaru.

Salah satu upaya tersebut adalah pelibatan belanja pengadaan di pemerintah dengan melakukan kolaborasi dengan e-marketplace untuk menyediakan platform belanja digital (toko daring). Potensi belanja pengadaan barang/jasa pemerintah bagi UMKM di Riau dapat mencapai Rp 715 milyar atau sekitar 40 persen dari total belanja pengadaan pemerintah pada tahun 2021.

Kerja sama ini dilakukan untuk menghasilkan barang dan jasa yang berkualitas berdasarkan prinsip value for money dan kontribusi dalam peningkatan penggunaan produk Daerah, peningkatan peran usaha mikro, usaha kecil, dan usaha menengah," kata  Drs. H. Syamsuar, M.Si, Gubernur Pemerintah Provinsi Riau.

Dalam usaha melindungi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), sesuai UU No 20 tahun 2008 tentang UMKM  mewajibkan pemerintah memberdayakan UMKM agar tetap menjadi salah satu pilar utama ekonomi nasional. Upaya tersebut kini melibatkan Mbizmarket, platform marketplace yang telah merekrut, memberikan akses untuk bergabung, dan melakukan pelatihan kepada ribuan UMKM di 5 provinsi dan lebih dari 30 kabupaten/ kota di seluruh Indonesia. 

Terkait dengan program mendukung UMKM tersebut, mbizmarket juga telah menjadi mitra Bela Pengadaan,  program yang dikelola Lembaga Kebijakan Pengadaan dan Jasa Pemerintah (LKPP) untuk mendukung Program UMK Go Digital   melalui proses belanja langsung di lingkungan  Kementrian/ Lembaga/ Perangkat Daerah (K/L/PD).

Mbizmarket merupakan platform marketplace B2B (business-to-business) untuk pengadaan barang dan jasa kebutuhan Pemerintah Provinsi Riau dengan nilai  belanja maksimal hingga Rp 50 juta per transaksi. Pemerintah Provinsi Riau mengadaptasi pemanfaatan platform perdagangan elektronik mbizmarket untuk meningkatkan efektifitas dan efiesien belanja pemerintah.  "Kami  akan membantu dan memberikan akses bagi UMKM di Riau untuk memperoleh permodalan,  melalui fitur layanan pinjaman yang ada di platform Mbizmarket," kata CEO Mbiz, Rizal Paramarta usai penandatanganan kerja sama antara Pemerintah Provinsi Riau dan Mbizmarket, Rabu (28/4).

Riau menjadi provinsi pertama di pulau Sumatra yang menjalin kerjasama dengan Mbizmarket di tahun 2021. Kerja sama ini diharapkan dapat diikuti pemerintah provinsi lain di Tanah Sir.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA