Tips Berolahraga Selama Puasa Ramadhan

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah

 Kamis 29 Apr 2021 10:55 WIB

Olahraga tetap bisa dilakukan meski sedang menjalankan ibadah puasa. Foto: Pixabay Olahraga tetap bisa dilakukan meski sedang menjalankan ibadah puasa.

Olahraga tetap bisa dilakukan meski sedang menjalankan ibadah puasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Saat menjalani bulan puasa tubuh bisa lemas dan tidak bertenaga. Namun ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga kebugaran selama berpuasa. 

Kreator konten, Sally Tanudjaja (@sallytanudjaja) yang juga seorang ahli gizi menyarankan untuk memilih waktu olahraga yang bisa menghindari kita dari dehidrasi cairan. “Malam hari setelah buka puasa, adalah waktu yang sangat disarankan untuk berolahraga,” katanya dalam siaran pers TikTok, dikutip Kamis (29/4).

Apabila ingin berolahraga sebelum jam buka puasa, sebaiknya di sore hari dan memilih olahraga berintensitas rendah. Tetapi yang terpenting, jangan lupa asupan cairan juga harus terpenuhi dengan mengkonsumsi air mineral minimal dua liter sehari.

Baca Juga

 

Gerakan yang mudah dilakukan di rumah

Olahraga di saat bulan puasa tidak perlu yang terlalu berat, cukup dengan yang intensitas ringan hingga menengah, sudah cukup bagus untuk menjaga kebugaran tubuh. Kreator Gilang Seiya (@gilangseiya) yang seorang instruktur olahraga memperlihatkan gerakan olahraga yang bisa dilakukan selama bulan puasa, dan ternyata cukup mudah.

 

Mengatur asupan makanan

Menu makanan saat buka dan sahur juga mempengaruhi tingkat kebugaran kita selama puasa. Kreator Riani Yoga (@rianayoga) yang merupakan seorang pelatih yoga membagikan beberapa tips mengenai asupan gizi yang harus ada di setiap sahur dan buka puasa. Ternyata mengonsumsi karbohidrat saat sahur tetap perlu untuk memberikan tenaga, dan memperkaya protein saat buka juga dapat membangkitkan kembali energi tubuh.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Play Podcast X