UEA dan Arab Saudi Penyumbang Terbesar Dana Zakat UNHCR

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

 Kamis 29 Apr 2021 09:46 WIB

UEA dan Arab Saudi Penyumbang Terbesar Dana Zakat UNHCR. Pencari suaka saat berbuka puasa di trotoar depan kantor UNHCR, Kebon Sirih, Jakarta, Senin (26/4). Puluhan pencari suaka berbuka puasa dengan mengandalkan bantuan dari warga sekitar. Mereka tinggal di trotoar di depan kantor UNHCR untuk menuntut  kejelasan kepada UNHCR terkait penempatan pengungsi di negara penampung. Republika/Thoudy Badai Foto:

UNHCR menggelar kampanye penggalangan dana 'Every Second Counts'.

Di Yordania, sekitar empat dari lima pengungsi Suriah (hampir 80 persen) hidup di bawah garis kemiskinan nasional bahkan sebelum pandemi, bertahan hidup dengan sekitar 3 dolar sehari atau kurang. Sementara penilaian baru sedang dilakukan, dampak pandemi pada pengungsi dalam hal kehilangan pendapatan dan hutang jelas sangat parah.

Di situasi ini bahkan lebih sulit bagi perempuan di Lebanon yang kini lebih banyak menjadi kepala keluarga. Sebanyak 68 persen perempuan di Lebanon menjadi kepala keluarga dan tulanggapunggung keluarga dibandingkan 13 persen laki-laki yang menjadi kepala keluarga.

Selain itu, dalam mengatasi permasalahan ekonomi ini, banyak mldari mereka menjual aset produktif, menarik anak dari sekolah, dan mengurangi pengeluaran untuk pendidikan dan kesehatan, hingga pernikahan anak di bawah 18 tahun. Bahkan tidak sedikit juga yang turut membawa anak mereka ikut bekerja kasar dan beresiko tinggi.

“Donasi yang diterima akan membantu UNHCR dalam memberikan dukungan penyelamatan nyawa kepada pengungsi yang rentan dan keluarga terlantar melalui distribusi bantuan tunai dan barang, memungkinkan mereka untuk memenuhi kebutuhan dasar termasuk tempat tinggal, makanan, pendidikan, perawatan kesehatan dan pembayaran utang,” kata Chahine.

Pada 2020, dana tersebut telah membantu 2,1 juta penerima manfaat di 13 negara termasuk Yaman, Lebanon, Irak, Yordania, Mesir, Mauritania, Niger, Bangladesh, India, dan Pakistan, melalui donasi Zakat & Shadaqah.

 

https://english.alarabiya.net/News/gulf/2021/04/28/UAE-Saudi-Arabia-lead-fundraising-effort-in-Ramadan-refugee-appeal-UNHCR-chief

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X