Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

...

PSSI akan Panggil Perwakilan Klub untuk Bahas Soal Suporter

Kamis 29 Apr 2021 09:22 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/Hartifiany Praisra/ Red: Endro Yuwanto

Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

Foto: dok pribadi
Tindakan yang dilakukan oknum suporter bisa memengaruhi perizinan Liga 1.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketertiban suporter menjadi salah satu isu sentral yang wajib diperhatikan sebelum Liga 1 Indonesia 2021 bergulir. Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) berencana memanggil perwakilan klub dalam waktu dekat untuk membicarakan masalah suporter.

"Pertemuan PSSI dengan perwakilan klub akan menjadi salah satu agenda dalam persiapan Liga 1 musim 2021. Karena diketahui bersama para suporter itu sendiri terkoordinasi langsung dengan tim," kata Plt Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, saat dihubungi Republika.co.id, Rabu (28/4).

Yunus menyampaikan, pertemuan belum dijadwalkan secara perinci. Namun, ia mengungkapkan agenda itu dilaksanakan melalui rapat virtual. "(Waktu pelaksanaan) masih diatur oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi. Kemungkinan virtual karena lagi PPKM di Jakarta," jelas dia.

Sebagai payung organisasi sepak bola nasional, PSSI memiliki fokus tersendiri untuk melakukan koordinasi dengan klub sebagai wadah suporter mendukung tim masing-masing. Yunus memastikan, pihaknya sudah berusaha maksimal untuk menjangkau akar rumput suporter.
 
Sebelumnya, setelah Piala Menpora 2021 usai bergulir akhir pekan lalu, kerumunan massa yang diduga suporter Persija Jakarta, berkumpul di Bundara HI untuk merayakan Persija juara pada Ahad (25/4) malam hingga Senin (26/4) dini hari WIB.

Ketua The Jakmania, Diky Soemarno, memastikan bakal menindak tegas anggota resmi pendukung Persija yang melanggar peraturan apapun. Ia tak menampik ada segelintir massa mengatasnamakan pihaknya untuk merayakan juara di tempat umum.

"Kami pasti jadikan hal kemarin sebagai pembelajaran. Jika dia melanggar aturan, pasti ada konsekuensinya," kata Diky, Rabu.

Diky mendukung segala bentuk pencegahan pelanggaran yang dilakukan suporter sepak bola. Ia siap berkoordinasi dengan PSSI jika waktu-waktu kembali ada konsolidasi ihwal ini.

Di satu sisi, Polda Metro Jaya menjadwalkan pemeriksaan terhadap ketua Jakmania dan manajemen Persija pada Rabu (28/4), terkait kerumunan suporter Persija di Bundaran HI.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA