Kamis 29 Apr 2021 01:40 WIB

Nuzulul Quran, Peristiwa Bersejarah Bagi Umat Islam

Nuzulul Qur’an merupakan salah satu peristiwa yang bersejarah Umat Islam.

Rep: Puti Almas/ Red: Agung Sasongko
Alquran
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, Nuzulul Qur’an merupakan salah satu peristiwa yang bersejarah bagi Muslim di seluruh dunia. Di waktu ini, Alqur’an yang menjadi kitab suci umat Islam untuk pertama kalinya diturunkan kepada nabi Muhammad SAW.

Dikutip dari buku ‘Di Balik 7 Hari Besar Islam : Sejarah, Makna, dan Amaliah’ karya KH. Muhammad Sholikhin, Ramadhan menjadi bulan pertama Alqur’an diturunkan, tepatnya pada tanggal 17 atau 6 Augustus 610 Masehi di Gua Hira. Ada dua tahap proses diturunkannya kitab bagi umat Muslim ini. 

Baca Juga

Pertama, Alqur’an diturunkan dari Lauh mahfuz ke langit dunia dalam bentik kitab yang utuh. Pada tahap ini, Alqur’an diturunkan pada malam lailatul qadar. 

Kedua, Alqur’an diturunkan secara bertahap melalui Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW. Ayat pertama yang diturunkan kepada Rasulullah adalah Surat Al Alaq ayat 1-5 saat berada di Gua Hira.

Saat itu, Nabi Muhammad SAW yang berusia 40 tahun enam bulan delapan hari menurut tahun Qamariah atau 39 tahun tiga bulan tiga hari menurut tahun Syamsiyah sedang berada di Gua Hira untuk menenangkan hati.

Rasulullah disebut tengah gelisah saat itu melihat masyarakat Makkah. Beliau gelisah dengan orang-orang yang ada di sana, termasuk keluarganya sendiri yang memilih berhala untuk disembah sebagai Tuhan. 

Baca juga : Nuzulul Alquran Momen Mendekatkan Diri dengan Alquran

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement