Tips Berbuka Puasa Sehat dan Mengenyangkan

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

 Kamis 29 Apr 2021 04:55 WIB

Tips Berbuka Puasa Sehat dan Mengenyangkan. Warga saat akan membeli roti Pitalka di Prizren, Kosovo, Senin (26/4). Roti Pitalka merupakan makanan khas untuk berbuka puasa bagi umat Islam di Kosovo yang sudah ada sejak zaman kekuasaan Ottoman. EPA-EFE/VALDRIN XHEMAJ Foto: EPA-EFE/VALDRIN XHEMAJ Tips Berbuka Puasa Sehat dan Mengenyangkan. Warga saat akan membeli roti Pitalka di Prizren, Kosovo, Senin (26/4). Roti Pitalka merupakan makanan khas untuk berbuka puasa bagi umat Islam di Kosovo yang sudah ada sejak zaman kekuasaan Ottoman. EPA-EFE/VALDRIN XHEMAJ

Semua upaya diperlukan agar dapat memaksimalkan berkah saat Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Semua upaya diperlukan agar dapat memaksimalkan berkah dan rahmat yang diberikan oleh Allah SWT di bulan terbaik ini.

Selain berkah dan rahmat saat Ramadhan, ibadah puasa di bulan ini juga akan memberikan manfaat kesehatan bagi pelakunya. Untuk memaksimalkan manfaat kesehatan di bulan ini, berikut beberapa tips berbuka puasa hingga menu yang baik seperti yang dilansir dari Asia One.

Baca Juga

Jangan ifthar berlebihan

Hidangan yang tersaji di meja makan memang sangat menggoda bagi siapa pun saat waktu berbuka puasa datang. Namun, mengonsumsi makanan dan minuman secara berlebihan dalam jangka waktu yang singkat terbukti berdampak buruk bagi kesehatan dan bahkan dapat meniadakan manfaat kesehatan yang diperoleh saat puasa. 

Segeralah berbuka puasa

Saat datang waktu ifthar (buka puasa), penting untuk segera berbuka puasa. Hindari merampas cairan dan nutrisi tubuh Anda lebih dari yang dibutuhkan. Berbuka puasa dengan minum air putih dapat mencegah dehidrasi secara efektif.

Anda juga dapat memilih jus atau susu segar untuk mengisi kembali cairan yang penting bagi tubuh Anda. Namun, perlu diketahui minuman yang mengandung gula dan kalori berlebihan sebenarnya tidak ideal untuk berbuka puasa. Jadi, tetaplah berbuka dengan air, itu lebih sehat.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X