Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Kata-Kata yang Sama dalam Alquran Tetapi Maknanya Beda

Rabu 28 Apr 2021 15:10 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah

Di antara mukjizat Alquran adalah segi bahasa berupa kata sama beda makna. Ilustrasi Alquran

Di antara mukjizat Alquran adalah segi bahasa berupa kata sama beda makna. Ilustrasi Alquran

Foto: Prayogi/Republika.
Di antara mukjizat Alquran adalah segi bahasa berupa kata sama beda makna

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sejumlah kata dalam Alquran terdapat banyak kesamaan. Namun ada kata yang serupa dalam ayat-ayat kitab suci ini, namun ternyata memiliki makna yang berbeda.

Dilansir dari laman Alukah pada Rabu (28/4), berikut beberapa perbedaan antara sejumlah kata dalam Alquran: 

Baca Juga

Semua yang disebutkan dalam Alquran dengan 'البروج' berarti bintang, namun ini berbeda dengan firman Allah SWT, pada ayat yang satu ini وَلَوۡ كُنۡتُمۡ فِىۡ بُرُوۡجٍ مُّشَيَّدَةٍ‌ "kendatipun kamu berada di dalam benteng yang tinggi dan kukuh." (QS An Nisa ayat 78).

Di sisi lain, semua yang disebutkan dalam Alquran terkait 'البعل' diartikan sebagai suami. Namun ini berbeda pada ayat ini, اَتَدۡعُوۡنَ بَعۡلًا وَّتَذَرُوۡنَ اَحۡسَنَ الۡخٰلِقِيۡنَۙ "Patutkah kamu menyembah Ba’l dan kamu tinggalkan (Allah) sebaik-baik pencipta" (QS As-Saffat ayat 125), ini sebutan bagi berhala.

Selanjutnya, yang disebut dalam Alquran 'البكم' yang berarti orang yang tidak mendengar dan memahami kebenaran. Akan tetapi ini memiliki makna yang berbeda dalam ayat عُمۡيًا وَّبُكۡمًا وَّصُمًّا‌ "buta, bisu, dan tuli" (QS Al Isra ayat 97) أَحَدُهُمَا أَبْكَمُ "salah satunya seorang bisu" (QS An Nahl ayat 76), dengan artian orang yang tidak bisa berbicara.

Kemudian dalam Alquran pada kata 'جثيًا' yang berarti semua. Namun berbeda pada ayat ini وَتَرٰى كُلَّ اُمَّةٍ جَاثِيَةً‌ "Dan (pada hari itu) engkau akan melihat setiap umat berlutut" (QS Al Jatsiyah ayat 28), yang artinya berlutut.

Lalu dalam ayat Alquran dengan kata 'حُسبان' berarti perhitungan. Akan tetapi ini berbeda dalam ayat وَيُرۡسِلَ عَلَيۡهَا حُسۡبَانًا مِّنَ السَّمَآءِ "Dan Dia mengirimkan petir dari langit ke kebunmu." (QS Al Kahfi ayat 40) yang berarti siksaan.

 

Sumber: alukah 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA