Rabu 28 Apr 2021 15:25 WIB

Guardiola Kenang Kata-Kata Cruyff Jelang City Vs PSG

Guardiola tak bisa tidur jelang vs PSG.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih kepala Manchester City Pep Guardiola.
Foto: AP/Martin Meissner/AP POOL
Pelatih kepala Manchester City Pep Guardiola.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Kata-kata Johan Cruyff terngiang-ngiang di telinga Pep Guardiola untuk membawa semangat bagi Manchester City. Manchester City akan menghadapi Paris Saint Germain di laga leg pertama babak semifinal Liga Champions di Stadion Parc des Princes, Paris, Kamis (29/4).

Manajer Manchester City, Pep Guardiola mengakui dia hanya bisa tidur jika dia berhenti memikirkan kekhawatirannya untuk menghadapi Paris Saint-Germain (PSG). Untuk itu, dia mengakui Manchester City akan memaksakan diri untuk merebut kemenangan dari tim Mauricio Pochettino ini.

"Keseimbangan terbaik adalah menguasai bola. Jika anda menguasai bola sepanjang waktu, keseimbangan tim sudah ada," kata Guardiola.

Menurutnya, lawan akan memanfaatkan serangan balik. Apalagi PSG memiliki pemain berkualitas.

"Mereka memiliki kualitas dengan Mbappe, Neymar, Di Maria, Verratti, Paredes, dan fisik serta kepribadian yang mereka miliki," kata Guardiola.

Guardiola mengakui satu-satunya cara untuk meminimalkan hal-hal semacam ini adalah dengan memaksakan permain. Beruntung Manchester City belajar dari pengalaman yang telah mereka lalui selama lima tahun terakhir.

"Saya belajar dari pengalaman saya dalam kompetisi ini bahwa semakin dekat anda di tahap akhir, untuk menjadi diri anda sendiri, semakin banyak kesempatan yang harus anda lalui," kata Guardiola.

Menurutnya, babak semifinal adalah dimana timi akan menemukan lawan yang harus membutuhkan stabilitas yang tim butuhkan. Di sisi lain, Guardiola pun memegang teguh kata-kata Johan Cruyff yang memintanya menikmati setiap momen.

"Saya belajar dari Johan Cruyff, 'ketika anda sampai pada tahapan ini, hanya ada satu hal yang dapat anda lakukan dan itu adalah menikmati permainan'," kata Guardiola.

Dia menyebut Cruyff memintanya untuk menikmati setiap tanggung jawab dan tekanan. Meskipun pada nyatanya Guardiola akan menghadapi banyak situasi seperti ini.

"Pemain top menikmati situasi ini karena mereka mengambil tanggung jawab. Sebentar, nikmati perjalanannya, semua proses. Ini bukan hanya momen anda akan bermain. Kami merasa terhormat menjadi salah satu dari empat tim terbaik di Eropa musim ini dan kami harus menikmatinya," kata Guardiola.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement