Rabu 28 Apr 2021 14:45 WIB

Luhut Puji Kepiawaian Erick Thohir dalam Hal Ini

Luhut menilai program Kementerian BUMN setahun terakhir menunjukkan kinerja positif.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Nidia Zuraya
Erick Thohir
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Erick Thohir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan memuji kepiawaian Menteri BUMN Erick Thohir dalam mengelola perusahaan negara. Luhut mengatakan BUMN memiliki peranan penting dalam ekonomi nasional, baik dari kontribusi melalui dividen, pembukaan lapangan kerja, kontribusi pajak, dan pionir sektor strategis. 

"Namun, dari waktu ke waktu BUMN dituntut memberi sumbangan lebih. Di bawah Pak Erick, tuntutan tersebut dilakukan dengan mempertajam lini bisnis diikuti penguatan tata kelola dan risk management yang ujungnya diharapkan memberi profitabilitas yang sehat," ujar Luhut dalam acara IFG Progress 2021 di Jakarta, Rabu (28/4).

Baca Juga

Sejauh pengamatannya, Luhut menilai program besar Kementerian BUMN selama setahun terakhir menunjukkan kinerja positif. Luhut juga mengapresiasi Kementerian BUMN yang bergerak cepat dan berperan aktif dalam upaya penanganan pandemi dengan menyediakan fasilitas, alat, hingga tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan terbaik.

Sementara dari sisi pemulihan ekonomi nasional, Luhut menilai peran penting Kementerian BUMN melalui Jamkrindo dan Askrindo dengan memberi penjaminan UMKM untuk berusaha.

"Dalam kondisi ini BUMN turut berperan aktif dalam menangani covid dgn membantu vaksinasi dan memberi peralatan medis. Saya berpesan, pengelolaan BUMN terus dikelola dengan risk management yang baik dengan harapan BUMN tidak dihadapi masalah yang mengganggu," ucap Luhut.

Luhut menyebut budaya Akhlak yang dicanangkan Erick Thohir sebagai core values Kementerian BUMN akan menjadi penopang utama dalam mengelola BUMN.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement