Kamis 29 Apr 2021 05:29 WIB

Mekanik Perempuan Iran Mulai Bermunculan

Ruang bagi wanita untuk bergelut di industri yang didominasi pria terbuka lebar

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Esthi Maharani
Mekanik perempuan
Foto: Middle East Eye
Mekanik perempuan

IHRAM.CO.ID, TEHERAN -- Momen penting dalam hidup Sahar Beygi datang tak lama setelah dia membeli Nissan 4x4 bekas pada tahun 2014. Memutuskan untuk merayakan pembelian tersebut, dia berkumpul dengan sekelompok temannya dan pergi keluar malam. Kemudian, mesin kendaraan rusak dan mobilnya mogok.

"Saya tidak tahu tentang mekanisme mesin. Ketika teman saya meminta saya untuk memeriksa pompa bahan bakar, saya bahkan tidak tahu di mana itu." kata Beygi, dilansir di Middle East Eye, Rabu (28/4).

Sebuah layanan penyelamatan pinggir jalan akhirnya tiba untuk membantu para wanita itu, tetapi apa yang Beygi gambarkan sebagai pengalaman yang memalukan telah meninggalkan bekas padanya. Dia bersumpah untuk mulai belajar tentang mobil.

Tujuh tahun setelah pencerahannya dipinggir jalan, Beygi yang berusia 34 tahun mengenakan pakaian khaki yang mencolok di kawasan industri yang ramai di barat Teheran yang melayani penggemar mobil. Bengkel 4x4 tempatnya bekerja hanya dibedakan dari bengkel lain di baris yang sama karena ada montir perempuan yang bekerja di sana.

Dengan gelar dalam seni visual dan latar belakang dalam periklanan, Beygi menghabiskan satu tahun mencoba mencari bengkel yang bersedia menerimanya sebagai mekanik magang.

"Saya mulai dengan seseorang yang telah memperbaiki mobil saya dan mencoba belasan tempat di seluruh kota tetapi tidak berhasil," katanya.

Tapi kegigihan Beygi membuahkan hasil. Setelah berbulan-bulan mencoba, seorang pemilik garasi memutuskan untuk mencobanya. Seorang insinyur mesin dengan pelatihan, pria itu mengajar murid barunya tidak hanya aspek praktis memperbaiki kendaraan off-road tetapi juga memberinya pemahaman teoritis tentang apa yang membuat mesin bekerja dan kendaraan bergerak. Sampai saat itu dia hampir menyerah dan pindah ke Jerman untuk memulai hidup baru.

Di rumah, Beygi beruntung mendapat dukungan penuh dari orang yang dicintainya saat dia mengejar mimpinya menjadi mekanik. Meskipun ibunya ragu dengan pilihan karirnya, ayahnya yang pernah belajar sebagai mekanik sendiri memberikan semangat padanya.

Saat ini Beygi memiliki reputasi yang mapan sebagai mekanik andal yang berspesialisasi dalam 4x4 dengan pelanggan yang datang dari jauh dan luas untuk perbaikan dan servis kendaraan mereka. Halaman Instagram-nya juga dipenuhi dengan pesan dari simpatisan dan pelanggan.

Satu pesan berbunyi: “Dia ramah, terampil, jujur, dan adil, apa lagi yang bisa diminta dari seorang mekanik?”

Pelanggan lain yang merasa puas berkata: “Mobil saya mengalami masalah mesin dan upaya berulang kali untuk memperbaikinya gagal. (Beygi) mendiagnosis masalah dengan benar dalam sepuluh detik."

Dukungan tersebut berasal dari lebih dari sekadar menghormati keterampilan Beygi. Dia juga dikenal karena peran perintisnya dalam menciptakan ruang bagi wanita di industri yang hampir seluruhnya didominasi oleh pria.

“Saya senang bahwa saya dapat menjadi landasan bagi generasi mendatang untuk mengikuti jejak saya.  Saya bangga akan hal itu, "kata Beygi.

"Dalam perjalanan saya, saya telah mengalami banyak kesulitan. Tapi saya tidak memiliki keraguan atau keluhan." tambahnya.

Mengatakan bahwa di Iran ada kecenderungan perempuan menjadi mekanik mungkin berlebihan. Tapi Beygi jelas bukan satu-satunya wanita yang berkarir karena kecintaannya pada mobil.

Sadaf Ataei, yang menyukai Beygi juga berusia 34 tahun, menjalankan halaman Instagram yang sukses di mana dia memposting video dan gambar dirinya sedang memperbaiki mobil dan berbagi tip tentang perawatan dan perawatan dasar.

Dengan julukan "Ata Mechanic", dia bekerja selama tiga hari di garasi kelas atas di Teheran Utara, yang antara lain melayani merek asing seperti Mercedes Benz dan Toyota. Sisa minggu ini dia habiskan di garasi yang berantakan dan bernoda minyak di lingkungan Tehransar, daerah yang menjadi rumah bagi pabrik pembuatan mobil Iran.

Ataei memutuskan untuk menjadi mekanik dua tahun lalu setelah berbicara dengan seorang penasihat karir.  Ketertarikannya pada mobil berakar pada kenangan masa kecil saat membantu ayahnya melakukan perbaikan.

"Wanita lain di tempat saya mungkin menyesali keputusan itu dan berhenti lebih awal. Hanya gairah dan cinta yang dapat mendorong Anda maju."kata Ataei.

Dan kekuatan hasratnya yang membuatnya tetap dalam karier saat ini, meskipun banyak kesulitan bagi wanita.

Selain kenyataan sehari-hari sebagai seorang mekanik, seperti harus bekerja di cuaca yang sangat dingin atau panas yang terik tergantung pada waktu tahun, dia juga harus menghadapi pelecehan dari beberapa pria yang dia temui, baik di dunia nyata dan di media sosial.

Dalam wawancara podcast pada tahun 2020, Ataei mengatakan bahwa sungguh menyakitkan melihat beberapa orang yang tidak dapat memahami wanita dan mencoba merusak pekerjaannya.

"Mereka menerima begitu saja apa yang saya lakukan dan menggambarkannya sebagai tidak penting, terkadang juga sangat sulit untuk berurusan dengan orang yang membawa mobil mereka untuk diperbaiki tetapi mereka bahkan tidak tahu bagaimana berbicara dengan benar dan dengan hormat." Jelasnya.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement