Rabu 28 Apr 2021 13:31 WIB

Kompetisi Sains Nalaria Realistik ke-3 Disambut Pelajar

Kompetisi Nalaria Realistik yang digagas KPM diikuti 1.623 peserta

Babak Penyisihan Kompetisi Sains Nalaria Realistik (KSNR) ke-3 se-Indonesia kembali digelar serentak secara daring (online). Kompetisi yang digagas ketiga kalinya oleh Klinik Pendidikan MIPA (KPM) ini diikuti sebanyak 1.623 peserta kelas 4 SD hingga 12 SMA.
Foto: KPM
Babak Penyisihan Kompetisi Sains Nalaria Realistik (KSNR) ke-3 se-Indonesia kembali digelar serentak secara daring (online). Kompetisi yang digagas ketiga kalinya oleh Klinik Pendidikan MIPA (KPM) ini diikuti sebanyak 1.623 peserta kelas 4 SD hingga 12 SMA.

REPUBLIKA.CO.ID,  BOGOR -- Babak Penyisihan Kompetisi Sains Nalaria Realistik (KSNR) ke-3 se-Indonesia kembali digelar serentak secara daring (online). Kompetisi yang digagas ketiga kalinya oleh Klinik Pendidikan MIPA (KPM) ini diikuti sebanyak 1.623 peserta kelas 4 SD hingga 12 SMA.

KSNR merupakan kompetisi sains bertaraf nasional yang diselenggarakan terbuka bagi siswa-siswi di seluruh Indonesia. Kegiatan ini dirancang untuk melatih kecakapan berpikir nalar siswa sebagai proses meningkatkan kemampuan literasi sains dalam memahami soal-soal berbasis Higher Order ThinkingSkills (HOTS).

Kompetisi yang mengusung bayaran seikhlasnya ini sukses menyita perhatian publik. Pasalnya, pada tahun pertama dan kedua digelar secara offline (2019) diikuti 5.983 peserta, serta tahun 2020 terjadi peningkatan jumlah peserta hingga tiga kali lipat, yakni 19.503 peserta. Perbedaan jumlah peserta pada tahun 2021 karena kegiatan digelar secara online karena pandemi Covid-19. 

Selama masa pandemi, kompetisi daring semakin diminati. Makin banyak pelajar yang ingin rekreasi intelektual agar tetap mengasah kemampuan akademik. Apalagi KPM telah berkomitmen untuk menyajikan soal-soal menarik sebagai wujud kepedulian menuju prasyarat kecakapan hidup abad ke-21. 

“KSNR adalah lomba yang luar biasa. Ini adalah pengalaman pertama saya mengikuti KSNR. Saya sangat antusias ikut lomba ini bisa melatih nalar. Program tryout, tips dan trik sangat membantu karena bisa berlatih sebelum mengerjakan lomba. Selain itu, difasilitasi grup telegram yang membuat komunikasi antar peserta dan admin menjadi mudah,” ungkap Atmaniha A Sirdigna siswi SMPI Baitul Izzah Nganjuk

Hal senada juga diungkapkan siswi SMPN 2 Sungai liat, Bangka Belitung, Ellany N Desaya. “KSNR kali ini seru banget, soalnya mantap-mantap, walaupun dilaksanakanonline tetap memuaskan deh. Alhamdulilla hweb-nya lancar jaya,sukses terus buat KPM. Ilmu yang saya dapatkan banyak banget, apalagi fisikanya. Semoga bisa lebih semangat lagi dalam belajar dan mengikuti lomba-lomba berikutnya supaya tetap berprestasi meskipun di tengah pandemi,” ujarnya.

Komitmen KPM untuk menghadirkan kompetisi berkualitas tak hanya membidik kalangan pelajar saja. Pada hari dan waktu yang sama, KPM juga menggelar Olimpiade Guru Sains (OGS) ke-1 se-Indonesia. 

Selain itu, dalam waktu dekat KPM juga akan menggelar kompetisi  bertaraf nasional dan internasional, di antaranya International KangarooMathematicsContest (IKMC), Read1 Online Competition (ROC) Family 2, International MathematicsAssessmentforSchools (IMAS), Indonesia International MathematicsCompetition (IIMC). 

Adapun informasi seputar kegiatan KPM lainnya dan pengumuman hasil babak penyisihan KSNR ke-3 dan OGS ke-1 akan diumumkan pada hari Jumat, 30 April 2021 pukul 16.00 WIB melalui laman https://www.kpm.read1institute.org/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement