Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

...

Shearer-Henry Peraih Premier League Hall of Fame Perdana

Rabu 28 Apr 2021 12:41 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto

Thierry Henry.

Thierry Henry.

Foto: AP Photo/Claude Paris
Peraih Hall of Fame setidaknya sudah membukukan 250 laga di Liga Primer Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, Penyelenggara Liga Primer Inggris meluncurkan penghargaan terbaru sekaligus diklaim sebagai yang tertinggi, Premier League Hall of Fame pekan ini. Sejak dibentuk pada 1992, Liga Primer sudah menjadi salah satu pedoman sepak bola di seluruh dunia. Bintang-bintang baru terus bermunculan tanpa henti.

Ini merupakan apresiasi bagi para individu yang dianggap berkontribusi besar bagi kasta tertinggi kompetisi sepak bola Negeri Ratu Elizabeth, khususnya untuk klub yang dibelanya.

Thierry Henry dan Alan Shearer resmi menjadi dua nama pertama yang berhak mendapat penghargaan terbaik sepanjang masa Liga Primer. Keduanya dinyatakan sangat berjasa ketika menginjak puncak kariernya bersama klub masing-masing.

"Alan Shearer dan Thierry Henry adalah dua pemain kelas dunia yang mempopulerkan Liga Primer selama berada di kompetisi ini. Mereka mampu mencetak semua jenis gol, sekaligus sebagai sebagian pemain terbaik yang pernah kami miliki," kata Kepala Eksekutif Liga Primer, Richard Masters, dilansir Sky Sports, Selasa (27/4).

Selama berkarier profesional, Shearer mencetak 260 gol dari 441 penampilan dalam 14 musim di Liga Primer. Rekor tersebut belum terpecahkan siapapun sampai saat ini.

Karena itu, mantan pemain Newcastle United dan Blackburn Rovers tersebut dianggap layak menerima penghargaan tinggi. "Rekor itu tetap tidak tertandingi sampai hari ini, 15 tahun sejak pensiun. Ini menunjukkan betapa berharga prestasinya," ujar Masters.  

Shearer juga berhasil meraih tiga kali sepatu emas dan menjadi satu-satunya pemain yang mencetak 100 gol di Liga Primer untuk dua klub yang berbeda.

"Ketika Anda melihat pemain-pemain hebat yang ada di Liga Primer setiap pekan, tahun demi tahun, saya merasa terhormat bergabung di Hall of Fame. Saya berterima kasih kepada semua rekan satu tim, manajer, serta pelatih yang pernah bekerja dengan saya," ucap Shearer.

Adapun Henry mendapatkan gelar Hall of Fame berkat kontribusinya memenangkan dua titel Liga Primer untuk Arsenal, termasuk salah satu di antaranya adalah predikat Invincibles yang dimiliki the Gunners karena juara Liga Primer tanpa terkalahkan di musim 2003/2004.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA