Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

HRW Tuduh Pasukan Bangladesh Menyiksa Warga Rohingya

Rabu 28 Apr 2021 12:46 WIB

Red: Nur Aini

Organisasi pengawas hak asasi internasional menuduh pasukan keamanan Bangladesh menyiksa pengungsi Rohingya dan organisasi HAM itu juga meminta pemerintah untuk melakukan penyelidikan.

Organisasi pengawas hak asasi internasional menuduh pasukan keamanan Bangladesh menyiksa pengungsi Rohingya dan organisasi HAM itu juga meminta pemerintah untuk melakukan penyelidikan.

HRW mengatakan pasukan Bangladesh memukuli sedikitnya 12 pengungsi

REPUBLIKA.CO.ID, DHAKA -- Organisasi pengawas hak asasi internasional menuduh pasukan keamanan Bangladesh menyiksa pengungsi Rohingya dan organisasi HAM itu juga meminta pemerintah untuk melakukan penyelidikan.

"Otoritas Bangladesh harus segera menyelidiki tudingan bahwa pasukan keamanan telah memukuli dan secara sewenang-wenang menahan pengungsi Rohingya yang berusaha meninggalkan pulau Bhasan Char," kata Human Rights Watch (HRW) dalam pernyataan yang dikeluarkan pada Selasa (27/4).

Baca Juga

Bangladesh, yang ditinggali hampir 1,2 juta Rohingya yang melarikan diri dari kebrutalan militer pada Agustus 2017 di Negara Bagian Rakhine, Myanmar, telah merelokasi hampir 20.000 warga Rohingya dari total 100.000 pengungsi dari kamp di distrik Cox's Bazar.

"Pasukan keamanan Bangladesh pada 6 April 2021 menangkap dan memukuli sedikitnya 12 pengungsi yang tertangkap berusaha meninggalkan pulau itu, tentara membatasi kebebasan bergerak mereka," kata HRW.

"Pada 12 April, seorang pasukan Bangladesh diduga memukuli empat anak dengan pipa PVC (pipa plastik) karena meninggalkan tempat tinggal mereka untuk bermain dengan anak-anak pengungsi di daerah lain," menurut pernyataan itu.

HRW menambahkan bahwa pihak berwenang harus segera membebaskan setiap pengungsi yang ditahan secara sewenang-wenang, dan mereka yang bertanggung jawab atas pelanggaran harus dimintai pertanggungjawaban.

"Pemerintah Bangladesh menyelamatkan banyak nyawa dengan menyediakan perlindungan bagi orang-orang Rohingya," kata Brad Adams, direktur wilayah Asia dari organisasi HAM itu.

"Tapi ini tidak membenarkan menahan mereka di sebuah pulau dan memukuli mereka jika mereka mencoba untuk pindah," tambah Adams.

 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/hrw-tuduh-pasukan-bangladesh-menyiksa-warga-rohingya/2222791
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA