Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Ayat tentang Nihilnya Takut dan Sedih Bagi Para Wali Allah

Rabu 28 Apr 2021 05:55 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

Para wali Allah SWT tidak pernah takut dan tidak pernah sedih. Berdoa. Ilustrasi

Para wali Allah SWT tidak pernah takut dan tidak pernah sedih. Berdoa. Ilustrasi

Foto: Abdan Syakura/Republika
Para wali Allah SWT tidak pernah takut dan tidak pernah sedih

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA –  Alquran menyimpan banyak rahasia tentang suatu kebaikan yang ditunjukkan melalui ayat-ayat indahnya. Salah satunya adalah لا خوفٌ عليهم ولا هم يحزنون (Tidak ada rasa takut dan sedih bagi mereka). Frasa tersebut diulangi di 14 bagian Alquran dan enam di antaranya ada di Surat Al Baqarah. 

Dalam tafsir Ath habari, Abu Jafar mengatakan, tidak ada ketakutan bagi para wali Allah SWT saat di akhirat nanti dari hukuman Allah karena Allah ridha kepada mereka sehingga Allah selamatkan mereka dari hukuman-Nya. Mereka juga tidak bersedih atas dunia yang tidak mereka peroleh.

Mereka bisa sampai pada tahap itu karena iman dan kesalehannya. Mereka beriman, bertakwa, ikhlas beribadah kepada Allah SWT, istiqamah dan teguh di jalan Islam. Mereka memenuhi tugas yang diembannya dan meninggalkan apa yang telah diharamkan.  

Siapa mereka? Mereka adalah para wali Allah yang senantiasa beriman dan bertakwa kepada-Nya. Merekalah ahlul bashirah. Mereka mengabdikan diri untuk beribadah kepada Allah SWT dengan ikhlas dan tidak menyekutukan-Nya.

Merekalah orang-orang beriman yang tidak memiliki rasa takut dan sedih. Mereka diganjar Surga, karomah (kehormatan) dan kebahagiaan. Kriteria wali Allah telah dijelaskan dalam Alquran, sebagaimana ayat berikut:

أَلَا إِنَّ أَوْلِيَاءَ اللَّهِ لَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ الَّذِينَ آمَنُوا وَكَانُوا يَتَّقُونَ

"Ingatlah, sesungguhnya wali-wali Allah itu, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (Yaitu) orang-orang yang beriman dan mereka selalu bertakwa." (QS Yunus 62-63)

 

Sumber: youm7

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA