Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Siti Hanawiyah hana

Kecanggihan dan Dampak Teknologi

Teknologi | Wednesday, 28 Apr 2021, 00:00 WIB

Kecanggihandan Dampak Teknologi

Assalamualaikumteman-teman, kalian sudah pada tahu kan apa itu teknologi pastilah ya. Nah yaasalkan kalian tahu seiring berjalannya waktu dan zaman yang semakin majuTeknologi kini berkembang semakin pesat apalagi sekarang masa pandemic Covid-19yang mana kita harus tetap menjaga Kesehatan kita yaitu dengan cara SosialDistancing, pakai masker dan sesalu cuci tangan.

Lembaga-lembaga sekolahpunsementara di tutup guna untuk mencegah penyebaran Virus Corona, hal ini di katakanlockdown dan shutdown hal ini yang membuming pada tahun 2020 karena adanyaVirus Corona ini masyarakat menjadi sulit untuk beraktivitas, dan terjadinyakrisis moneter bagi para pedagang ataupun pekerja yang lainnya. Sehingga denganadanya pandemic ini pemerintahan mengemukakan kebijakan yaitu untukpembelajaran Daring untuk para pelajar, hal ini di buktikan dengan canggihnyateknologi yang kita miliki saat ini, teknologi ini dapat kita akses dalam jarakyang jauh dan sekalipun luar lintas negara.

Kecanggihan teknologisaat ini sangatlah berbeda jauh dengan teknologi pada masa Belanda yang manaPemerintah kolonialmenghalangi akses-akses masuknya teknologi dari barat ke Indonesia. Mereka jugamelakukan pelarangan terhadap pendidikan bagi masyarakat Indonesia untukmempelajari teknologi. Perkembangan televisiSetelah di luncurkan satelit palapa pemerintah indonesia membangun stasiuntelevisi pertama di jakarta.

Stasiun ini di namakan dengan TVRI pada tahun 1990dan muncul 2 televisi swasta di indonesia. Hal ini semakin menjadi semaraknyaperkembangan komunikasi yang menggunakan media televisi. Perkembangan mediacetak Media cetak mulai berkembang pada pemerintahan orde baru. Tokoh mediacetak modern yaitu RM Tirto Adhi Soeryo (pempinan redaksi soenda berita).Kebebasan pers dilandasi dengan TAP MPRS.NO 32 tanggal 12-12-1966 pasal 4 yangberbunyi pers nasional tidak kenakan sensor atau pemberedelan. Pers memilikihak mengkomunikasikan berita-berita secara bebas dan terbuka.

Teknologi adalah bagian penting dalam kehidupan Anda saat ini. Segalasesuatu menerapkan teknologi untuk memudahkan berbagai aktivitas. Salah satuteknologi yang berkembang sangat pesat sekarang adalah teknologikomunikasi.Kemajuanteknologi yang kita rasakan sekarang tidak jauh dari kehidupan masyarakat semua informasi dan berita mau itu dari dalamnegeri ataupun luar negeri kita dapat melihat dan mengetahuinya melaluiteknologi gaeess. Dalam hal kemajuan teknologi terdapat dua dampak yang pertamayaitu dampak positif dan yang kedua itu adalah dampak negative.

Dampak positivenya yaitu :

1.Menghubungkan Orang diSeluruh Dunia

Dengan adanya teknologiorang-orang akan dengan mudah untuk saling berkomunikasi dan akan terasa dekat,dalam pribahasa zaman dahulu yaitu Dunia Tidak Selebar Daun Kelor namun padasaat ini dengan kemajuannya teknologi yang pesat justru pribahasa itu menjadisebaliknya menjadi kenyataan.

2.Penyebaran Informasi yangCepat

Penyebaran informasi atau kabar iniakan semakin cepat dan mudah dikarenakan adanya teknologi yang dapat mengaksesinformasi dengan cepat yaitu seperti, HP, Laptop, Komputer, TV dan Radio. Yangmana dahulu sumber informasi itu masih menggunakan system surat pos.

3.Munculnya Media Sosial

Salah satu dampak dari kemajuan teknologi komunikasi yaitu adanya media sosial yang menjadi saranauntuk Anda bisa terhubung dengan teman,keluarga, kerabat dimana saja melalui suatu platform khusus. Contoh sosialmedia yang banyak dipakai oleh masyarakat adalahFacebook, InstagramdanTwitter. Selain bisa menghubungkan kita dengankeluarga atau kerabat, sosial media juga dapat menghubungkan kita dengan temanlam ataupun teman yang jauh.

Dampak Negative :

Di balik teknologi memiliki dampak positif yang lumayan meluas ternyata teknologi jugamemiliki dampak negative yang mana dampak Negative pada saat ini sudah mulaiterlihat dari bagaimana cara anak-anak milenial menggunakan alat teknologiseperti HP dan lain sebagainya Kemajuan teknologi komunikasi yang ada sekarang justru menurunkansemangat juang bagi sebagian orang. Karena segalanya terasa mudah, banyak muridmisalnya yang hanya murni melakukan copy paste dalam mengerjakan tugas-tugasyang diberikan. Dan masih banyak dampak negative lainnya

Munculnya penipuan melalui telf, sms, dan internet Mudahnya mengakses video pornografi Munculnyapenjiplakkan, Pembobolan rekening atau kartu kredit (hacker), Hidup boros karena mudah belanja lewatinternet, Anak meniru kekerasan dari games, Perjudian melalui internet, Salahmemilih informasi, Radiasi yang membahayakan Kesehatan, Kecanduan game, Lupa kewajiban belajar, beribadah, dll

Adapula upaya untuk menjauhkan dari dampak negative yaitu orang tua harus bisa memantauanaknya dalam penggunaan teknologi yang berlebihan terutama HP. Orang tua harusekstra dalam membimbing anaknya dan mengawasinya saat mpenggunaan HP pada anak.Karena dengan kurangnya pantauan orang tua inilah dampak negative dapat hadirpada seorang anak dalam penggunaan teknologi yang di salah gunakan.

Dalam penjelasan diatas sudah menjelaskan bahwa teknologi saat ini yang kita rasakansudah sangat canggih dan mengalami kemajuan yang sangat pesat, yang mana adanyateknologi saat ini dapat menghasilkan dua factor yaitu factor Negative, danfactor Fositif. Dari dua sisi factor ini kita harus lebih cenderung mendekatihal yang Positif dan tinggalkan hal yang Negative.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image