Rabu 28 Apr 2021 01:28 WIB

Seleksi Calon Pelatih Ahli Program Sekolah Penggerak Dibuka

Tugas pelatih ahli adalah untuk mewujudkan sekolah yang berpusat pada murid.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Esthi Maharani
Kota Sukabumi, Jawa Barat menjadi salah satu daerah percontohan sekolah penggerak di Indonesia oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Di mana sekolah penggerak mendorong terwujudnya para pelajar pancasila yang memiliki kompetensi unggul di berbagai bidang keahlian.
Foto: istimewa
Kota Sukabumi, Jawa Barat menjadi salah satu daerah percontohan sekolah penggerak di Indonesia oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Di mana sekolah penggerak mendorong terwujudnya para pelajar pancasila yang memiliki kompetensi unggul di berbagai bidang keahlian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) resmi membuka pendaftaran seleksi bagi calon Pelatih Ahli Program Sekolah Penggerak. Seleksi ini merupakan bentuk dukungan bagi sekolah pelaksana program Sekolah Penggerak yang menjadi terobosan Merdeka Belajar Episode Ketujuh.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK), Iwan Syahril, mengajak para praktisi pendidikan di 111 kabupaten/kota daerah sasaran program untuk berpartisipasi. Selain itu, ajakan untuk menjadi bagian dari program Sekolah Penggerak juga ditujukan kepada kepala sekolah, wakil kepala sekolah, manajemen sekolah, dan guru dari sekolah yang mengembangkan kurikulum satuan pendidikan secara mandiri atau menggunakan kurikulum internasional.

"Kami mengajak para pemangku kepentingan untuk berkontribusi melalui belajar dan berbagi bersama pengawas, kepala sekolah, dan guru di daerah sasaran Program Sekolah Penggerak dalam upaya gotong-royong untuk transformasi pendidikan Indonesia," kata Iwan, dalam keterangannya, Selasa (27/4).

Pelatih ahli akan berperan sebagai pendamping dan pendukung kepala sekolah, guru/pendidik dan pengawas sekolah/penilik. Tugas mereka adalah untuk mewujudkan sekolah yang berpusat pada murid.

Pelatih Ahli akan mendampingi tiga sampai lima sekolah dalam satu kabupaten, selama minimal satu tahun. Pelatih Ahli Program Sekolah Penggerak juga akan bertugas untuk mendorong kolaborasi seluruh ekosistem pendidikan sekolah dan pemangku kepentingan di kabupaten.

 

"Peran pelatih ahli akan mengembangkan kompetensi, komunitas praktisi, dan melakukan monitoring kemajuan pembelajaran kepala sekolah, pengawas sekolah/penilik, dan guru/pendidik di sekolah pelaksana program sekolah penggerak," ujar Iwan.

Adapun waktu Pembukaan pendaftaran Calon Pelatih Ahli yakni 27 April - 5 Juni 2021. Selain itu, juga akan dilakukan seleksi tahap I (registrasi, esai, biodata diri) 27 April - 5 Juni 2021. Setelahnya, dilakukan seleksi tahap II (simulasi melatih, wawancara) pada 28 Juni - 2 Juli 2021.

Bimbingan teknis akan dilakukan 3-26 Agustus 2021 sebelum akhirnya dilakukan pengumuman dan penetapan pelatih ahli pada bulan September 2020. Akhirnya, pelaksanaan pendampingan Program Sekolah Penggerak dijadwalkan dilakukan pada 5 Oktober-31 Agustus 2021. Informasi pendaftaran Pelatih Ahli ini dapat dilihat lebih lanjut pada laman berikut https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/programsekolahpenggerak/.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement