Mana yang Lebih Baik, Membaca Alquran atau Tafsir?

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah

 Selasa 27 Apr 2021 19:09 WIB

Mana yang Lebih Baik, Membaca Alquran atau Tafsir? Umat Muslim membaca Al-Quran sebelum melaksanakan shalat tarawih di Pusat Komunitas Muslim Chicago, Senin (12/4). Umat Muslim di AS tergolong multietnis dan nasionalitas. Tercatat jumlah umat Muslim Chicago mencapai angka 350 ribu jiwa atau lima persen dari populasi. Terdapat pula penganut Islam yang merupakan warga kulit putih AS dan Hispanik (keturunan latin). Namun, sejak lama Chicago terkenal sebagai wilayah konsentrasi kaum Muslim Afro-Amerika. Meski berbeda bahasa, adat maupun budaya, akan tetapi dalam beberapa kesempatan, terutama pada ibadah shalat serta aktivitas Ramadhan, satu sama lain akan menanggalkan perbedaan untuk bersatu di bawah panji kitab suci Alquran dan sunnah Nabi. Umat Muslim Chicago benar-benar menikmati perbedaan yang ada dan mempererat tali ukhuwah di saat bersamaan. (AP Photo/Shafkat Anowar) Foto: AP/Shafkat Anowar Mana yang Lebih Baik, Membaca Alquran atau Tafsir? Umat Muslim membaca Al-Quran sebelum melaksanakan shalat tarawih di Pusat Komunitas Muslim Chicago, Senin (12/4). Umat Muslim di AS tergolong multietnis dan nasionalitas. Tercatat jumlah umat Muslim Chicago mencapai angka 350 ribu jiwa atau lima persen dari populasi. Terdapat pula penganut Islam yang merupakan warga kulit putih AS dan Hispanik (keturunan latin). Namun, sejak lama Chicago terkenal sebagai wilayah konsentrasi kaum Muslim Afro-Amerika. Meski berbeda bahasa, adat maupun budaya, akan tetapi dalam beberapa kesempatan, terutama pada ibadah shalat serta aktivitas Ramadhan, satu sama lain akan menanggalkan perbedaan untuk bersatu di bawah panji kitab suci Alquran dan sunnah Nabi. Umat Muslim Chicago benar-benar menikmati perbedaan yang ada dan mempererat tali ukhuwah di saat bersamaan. (AP Photo/Shafkat Anowar)

Banyak pahala membaca Alquran di bulan Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Di bulan Ramadhan, umat Islam berlomba-lomba memperbanyak ibadah karena Allah menjanjikan pahala selama Ramadhan berlipat ganda. Salah satu ibadah yang dilakukan adalah membaca Alquran.

Namun, ketika membaca Alquran biasanya beberapa orang hanya berfokus pada membaca ayat Alquran tanpa melihat tafsir. Situasi ini menimbulkan pertanyaan, mana yang lebih baik, membaca Alquran atau tafsir?

Baca Juga

Keutamaan membaca Alquran

Dilansir About Islam, Selasa (27/4), membaca seluruh Alquran pahalanya sangat besar dan jangan sampai Anda tidak melakukan. “Kata ‘Abdullah ibn Mas‘ud, Rasulullah bersabda, ‘Siapa saja membaca satu huruf dari Alquran, maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf,” (HR At-Tirmidzi).

Bayangkan betapa banyaknya pahala yang dihasilkan dari membaca Alquran. Ini merupakan hadiah yang sangat besar dari Allah. Semua perintah dari Allah di Alquran merupakan tindakan yang harus dipatuhi oleh umat Islam dan berusaha melakukannya terutama di bulan Ramadhan, bulan turunnya Alquran.

Menyelesaikan pembacaan Alquran selama Ramadhan bukan tindakan yang mustahil. Faktanya, seseorang dapat dengan mudah membuat rencana harian yang memungkinkan dia menyelesaikan membaca Alquran selama Ramadhan.

Anda bisa membaca 20 halaman sehari dan melakukannya dalam satu jam sehari. Ini bisa dilakukan setelah sholat subuh atau sesuai jadwal Anda. Anda juga bisa memastikan untuk membaca empat halaman setiap selesai sholat lima waktu.

Selain membaca Alquran, merenungkan maknanya, mempelajari konteksnya, dan bertindak sesuai ajarannya sangat membantu seseorang untuk tumbuh dan berkembang.

photo
Infografis Berapa Lama Alquran Diturunkan? - (Republika.co.id)
 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X