Sunday, 18 Rabiul Awwal 1443 / 24 October 2021

Sunday, 18 Rabiul Awwal 1443 / 24 October 2021

Guncangan Gempa Sukabumi Terasa Hingga Tasikmalaya

Selasa 27 Apr 2021 17:53 WIB

Rep: Bayu Adji P/ Red: Karta Raharja Ucu

Peta gempa bumi guncang Sukabumi Jawa Barat

Peta gempa bumi guncang Sukabumi Jawa Barat

Foto: BMKG
Sukabumi diguncang gempa berkekuatan M 5,6.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Gempa bumi berkekuatan M 5,6 terjadi di wilayah Jawa Barat, Selasa (27/4) sekitar pukul 16.20 WIB. Berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut berpusat di laut selatan Jawa dengan kedalaman 14 kilometer, tepatnya di sebelah tenggara Sukabumi.

Berdasarkan pantauan Republika, gempa yang berpusat di laut itu dirasakan guncangannya sampai Kota Tasikmalaya. Guncangan gempa terasa hingga beberapa detik dan membuat bangunan bergoyang.

"Saya tadi lagi siapin makan untuk buka, tahu-tahu goyang. Langsung keluar," kata salah seorang warga yang merasakan guncangan gempa itu di Kota Tasikmalaya, Heli (51 tahun).

Baca Juga: BREAKING: Gempa Guncang Sukabumi, Getaran Terasa di Jakarta

Menurut dia, guncangan gempa itu dirasakan sekitar 4 detik. Warga di sekitar lingkungannya juga ikut panik akibat guncnagan gempa tersebut.

"Tadi orang-orang keluar semua. Lumayan panik," kata dia.

Salah seorang warga lainnya, Siti (30) mengaku merasakan guncangan gempa lumayar besar. Ia sempat panik dengan guncangan itu. "Tadi lihat lantai goyang-goyang," kata dia.

Kendati demikian, tak ada kerusakan apapun di rumahnya. Menurut dia, guncangan gempa hanya dirasakan sekali.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya masih belum menerima laporan kerusakan akibat guncangan gempa yang terasa di daerah itu. BPBD masih melakukan pemantauan dampak akibat gempa tersebut.

"Kita masih melakukan pemantauan dan menunggu laporan relawan di lapangan," kata Kepala Seksi Penanganan Bencana, BPBD Kota Tasikmalaya, Erik Yowanda, saat dikonfirmasi Republika.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA