Selasa 27 Apr 2021 17:18 WIB

Guncangan Gempa Sukabumi Terasa hingga Tasikmalaya

Gempa tersebut berpusat di laut selatan Jawa dengan kedalaman 14 kilometer

Rep: Bayu Adji P/ Red: Esthi Maharani
Peta gempa bumi guncang Sukabumi Jawa Barat
Foto: BMKG
Peta gempa bumi guncang Sukabumi Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Gempa bumi berkekuatan berkekuatan M 5,6 terjadi di wilayah Jawa Barat, Selasa (27/4) sekitar pukul 16.20 WIB. Berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut berpusat di laut selatan Jawa dengan kedalaman 14 kilometer, tepatnya di sebelah tenggara Sukabumi.

Berdasarkan pantauan Republika, gempa yang berpusat di laut itu dirasakan guncangannya sampai Kota Tasikmalaya. Guncangan gempa terasa hingga beberapa detik dan membuat bangunan bergoyang.

"Saya tadi lagi siapin makan untuk buka, tahu-tahu goyang. Langsung keluar," kata salah seorang warga yang merasakan guncangan gempa itu di Kota Tasikmalaya, Heli (51 tahun).

Menurut dia, guncangan gempa itu dirasakan sekitar 4 detik. Warga di sekitar lingkungannya juga ikut panik akibat guncnagan gempa tersebut.

"Tadi orang-orang keluar semua. Lumayan panik," kata dia.

Salah seorang warga lainnya, Siti (30) mengaku merasakan guncangan gempa lumayar besar. Ia sempat panik dengan guncangan itu.

"Tadi lihat lantai goyang-goyang," kata dia.

Kendati demikian, tak ada kerusakan apapun di rumahnya. Menurut dia, guncangan gempa hanya dirasakan sekali.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya masih belum menerima laporan kerusakan akibat guncangan gempa yang terasa di daerah itu. BPBD masih melakukan pemantauan dampak akibat gempa tersebut.

"Kita masih melakukan pemantauan dan menunggu laporan relawan di lapangan," kata Kepala Seksi Penanganan Bencana, BPBD Kota Tasikmalaya, Erik Yowanda, saat dikonfirmasi Republika.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement