Selasa 27 Apr 2021 17:15 WIB

Mudik Dilarang, Santri Ponpes di Indramayu Libur Lebih Awal

Pemulangan dilakukan secara bertahap mulai Kamis (29/4) hingga Ahad (2/5). 

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus Yulianto
Ponpes Darul Ma
Foto: Ponpes Darul Ma'arif,
Ponpes Darul Ma

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Pengurus Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ma’arif di Desa Kaplongan Lor, Kecamatan Karangampel, Kabupaten Indramayu, memutuskan untuk meliburkan para santrinya lebih awal. Hal itu menyusul adanya larangan mudik lebaran yang ditetapkan pemerintah.

Direktur Pondok Pesantren Darul Ma’arif, Ustadz BA Faisal Hasri, menjelaskan, para santri di ponpes yang dipimpinnya akan dipulangkan secara bertahap mulai Kamis (29/4) hingga Ahad (2/5). Para santri itu berasal dari berbagai daerah hingga luar Pulau Jawa.

photo
Pengurus Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ma’arif di Desa Kaplongan Lor, Kecamatan Karangampel, Kabupaten Indramayu, memutuskan untuk meliburkan para santrinya lebih awal. (Ponpes Darul Maarif) - (ponpes darul maarif)

 

"Memang ada penyesuaian terkait jadwal, (masa libur santri) dimajukan satu pekan," ujar Faisal kepada Republika, Selasa (27/4).

 

Faisal mengatakan, kebijakannya untuk memajukan masa libur santri itu dilakukan untuk menyesuaikan dengan larangan mudik lebaran yang dikeluarkan pemerintah. Begitu pula dengan kedatangan kembali para santri ke ponpes, dijadwalkan pada akhir Mei 2021.

"Menyesuaikan dengan anjuran pemerintah. Kedatangan santri kembali Insya Allah setelah tanggal 26 Mei 2021," ujar Faisal.

Faisal menambahkan, meski masa libur dimajukan, namun hal itu tidak mengganggu proses pembelajaran para santri. Dia menyatakan, proses ngaji dan pembelajaran di ponpes sudah selesai.

Ponpes Darul Ma’arif merupakan, salah satu pesantren salafi modern di Kabupaten Indramayu. Secara keseluruhan, jumlah total siswa di bawah naungan Yayasan Darul Ma’arif, mulai dari TK, SD, SMP, SMA, SMK hingga Sekolah Tinggi Ilmu Kependidikan ada sekitar 6.500 siswa.

Namun, akibat keterbatasan asrama, maka para santri yang tinggal di asrama ponpes jumlahnya ada sekitar 1.043 santri. Yakni, mulai dari tingkatan SD kelas 4, SMP dan SMA. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement