Dialog Allah SWT tentang Doa dengan Hambanya yang Berpuasa

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil

Selasa 27 Apr 2021 15:59 WIB

 Dialog Allah SWT tentang Doa dengan Hambanya yang Berpuasa. Foto: Berdoa. Ilustrasi Foto: Thoudy Badai/Republika Dialog Allah SWT tentang Doa dengan Hambanya yang Berpuasa. Foto: Berdoa. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pada hari kiamat Allah Subhanahu Wa Ta'ala akan memanggil seorang hambanya dan berfirman. "Wahai hamba-Ku, Aku telah menyuruhmu agar berdoa kepada-Ku dan Aku berjanji akan mengabulkannya."

Lalu kata Allah, seperti ditulis Syekh Maulana Muhammad Zakariyya Al Kandahlawi dalam kitabnya Fadhilah Ramadhan mengatakan

Baca Juga

"Lalu apakah kamu telah memohon kepadaku?" Hamba itu menjawab, "Ya aku telah berdoa wahai Tuhanku."

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman "Tiada atupun doa yang kamu mohonkan, melainkan aku terima."

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman. " Kamu berdoa agar dihindarkan dari suatu bencana, maka aku menunaikannya di dunia. Kamu berdoa agar dijauhkan dari suatu kesedihan, tetapi kamu tidak merasakan hasil doamu. Sebagai gantinya, Aku tetapkan bagimu balasan dan pahalanya di akhirat."

Baginda Rasulullah alaihi wasallam bersabda: " Jika seorang Muslim berdoa dengan syarat tidak untuk memutuskan hubungan saudara atau untuk berbuat suatu dosa maka pasti ia akan mendapatkan salah satu dari tiga hal ini dari dari sisi Allah Subhanahu Wa ta'ala.

Pertama ia akan langsung memperoleh apa yang dimintanya. Kedua apabila ini tidak didapatkan ia akan diselamatkan dari musibah atau keburukan sebagai ganti permintaannya, ketiga pahala doanya disimpan untuk diberikan di akhirat nanti.