Selasa 27 Apr 2021 12:06 WIB

Sneaker Yeezy 'Grammy Worn' Kanye West Terjual Rp 26 Miliar

Sneaker tersebut adalah prototipe dari produk Yeezy yang dikembangkan Kanye West.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Kanye West kembali memecah rekor dunia untuk penjualan sepasang sepatu Yeezy miliknya.
Foto: Reuters
Kanye West kembali memecah rekor dunia untuk penjualan sepasang sepatu Yeezy miliknya.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Kanye West kembali memecah rekor dunia untuk penjualan sepasang sepatu Yeezy miliknya. Sneaker Nike Air Yeezy ‘Grammy Worn’ 2008 dari rapper Amerika itu terjual dengan harga 1,8 juta dollar AS atau sekitar Rp 26 miliar dalam penjualan private di Sotheby pada Senin (26/4).

Sneaker tersebut adalah prototipe dari produk Yeezy yang dikembangkan oleh Kanye West dan Mark Smith untuk Nike. Sneaker dipakai untuk penampilan emosionalnya di Grammy Awards tahun 2008.

Baca Juga

Sneaker Yeezy Grammy Worn dibeli oleh sebuah platform investasi sepatu bernama RARES. RARES adalah perusahaan fraksional aset, yang memungkinkan pengguna berinvestasi melalui sneaker dengan membeli dan memperdagangkan saham di dalamnya.

“Tujuan kami membeli sepatu ikonik dan bersejarah ini adalah untuk meningkatkan aksesibilitas dan memberdayakan komunitas yang melahirkan budaya sneaker sebagai alat untuk mendapatkan kebebasan finansial melalui RARES,” kata Gerome Sapp, salah satu pendiri dan CEO RARES seperti dilansir dari Reuters, Selasa (27/4).

Prototipe Nike Air Yeezy Grammy Worn berwarna hitam pekat dengan ukuran 12. Memiliki tali di bagian depan Yeezy dan tambahan aksen pengerat sepatu bertuliskan Y. Sneaker itu dijual di Sotheby oleh kolektor New York bernama Ryan Chang.

Penjualan ini juga menggeser posisi penjualan tertinggi sebelumnya yang dipegang oleh sepasang Air Jordan 1 tahun 1985. Kala itu, sepatu yang dirancang dan dikenakan oleh pemain bola basket Michael Jordan terjual dengan harga 560 ribu dollar AS.

“Penjualan tersebut menunjukkan banyak tentang warisan Kanye sebagai salah satu desainer pakaian dan sepatu paling berpengaruh di zaman kita,” kata kepala streetwear dan barang koleksi modern Sotheby, Brahm Wachter.

Sementara itu, Kanye West mengakhiri kolaborasinya dengan Nike pada 2013 dan membawa merek Yeezy ke Adidas. Menurut catatan Forbes, merek sneaker Yeezy menghasilkan penjualan sekitar 1,7 miliar dollar AS pada tahun 2020.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement