Tuesday, 12 Zulqaidah 1442 / 22 June 2021

Tuesday, 12 Zulqaidah 1442 / 22 June 2021

...

Pendar Terang Phil Foden Bersama the Citizens

Selasa 27 Apr 2021 09:35 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto

 Phil Foden dari Manchester City.

Phil Foden dari Manchester City.

Foto: AP Photo/Alastair Grant
Peran Foden pun semakin berpengaruh bagi Man City dalam beberapa pekan terakhir.

REPUBLIKA.CO.ID, Pendar Phil Foden bersama Manchester City sudah terlihat sejak dirinya bergabung dengan akademi muda the Citizens. Kini kiprah Foden semakin bersinar dan Manchester City diklaim beruntung memiliki bakat muda sepertinya.

Peran Foden pun semakin berpengaruh bagi Man City dalam beberapa pekan terakhir. Sebelumnya, Foden menginspirasi kemenangan City atas Borussia Dortmund di ajang Liga Champions.

Sementara yang teranyar, pesepak bola berusia 20 tahun itu juga sukses membantu the Citizens memenangkan gelar Piala Liga Inggris 2021 setelah mengalahkan lawannya Tottenham Hotspur di Stadion Wembley, Ahad (25/4) malam.

Praktis satu titel Piala Liga melengkapi tujuh trofi yang telah dikemas Foden bersama Man City. Sebelumnya, ia telah mengoleksi dua titel Liga Primer Inggris 2017/2018, 2018/2019, empat Piala Liga, dan sekali Piala FA.

Berkat sederet prestasi mentereng tersebut, Foden pun diganjar beberapa gelar individu, seperti Pemain Terbaik Eropa U-17 pada 2017, Pemenang Bola Emas Piala Dunia U-17, pun disabet titel BBC Young Sports Personality of the Year pada 2017.

Sebagaimana dilansir BBC Sports, Senin (26/4), pelatih City Pep Guardiola memasang Foden sebagai sosok penyerang 'false nine' pada pertandingan final Piala Liga. Hasilnya, pemain bernomor punggung 47 itu kerap menjadi ancaman konstan bagi lini belakang Spurs.

Meskipun satu-satunya hal yang sangat disayangkan dari berbagai peluang yang dimiliki Foden adalah hiasan namanya di papan skor. Beberapa kali Foden memiliki peluang emas untuk bisa mencetak gol di partai final Piala Liga.

Adapun sejauh ini, Foden mencatatkan rekor fantastis sebagai pencetak gol terbanyak dari pemain yang pernah dilatih Guardiola sebelum berusia 21 tahun. Total Foden mencetak 29 gol di semua kompetisi sepanjang dilatih Guardiola. Ia berhasil menyamai rekor Bojan Krkic saat masih berkostum Barcelona.

Sejauh musim ini, Foden memang baru mampu mencetak 16 gol dan enam assist dari total 44 penampilan untuk Man City. Meski begitu, pencapaian tersebut sudah yang terbaik kedua di skuad asuhan Guardiola saat ini.

Hanya gelandang serang Kevin de Bruyne yang terlibat langsung dalam lebih banyak gol di semua kompetisi untuk the Eastland musim ini daripada Foden. De Bruyne mencetak 14 gol dan sembilan assist untuk Man City di semua kompetisi musim ini.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA