Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

10 Kategori Produk Paling Laris Jelang Idul Fitri

Selasa 27 Apr 2021 09:33 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah

Produk terlaris jelang Idul Fitri bisa dimanfaatkan pelaku usaha optimalkan bisnis.

Produk terlaris jelang Idul Fitri bisa dimanfaatkan pelaku usaha optimalkan bisnis.

Foto: www.freepik.com.
Produk terlaris jelang Idul Fitri bisa dimanfaatkan pelaku usaha optimalkan bisnis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menyambut hari kemenangan Idul Fitri, ada sejumlah kategori produk yang semakin meroket popularitasnya di platform jual beli daring. Informasi tersebut bisa dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk mengoptimalkan bisnis penjualannya. 

Platform B2B milik Zilingo yaitu Zilingo Trade memahami pentingnya bagi pelaku usaha untuk memanfaatkan momentum Ramadhan dan Lebaran. Dengan begitu, pelaku usaha dari berbagai skala bisa mengoptimalkan pendapatan di tengah pandemi. 

Baca Juga

"Melalui kampanye “Serba Serbi Ramadan”, pelaku usaha dapat melakukan proses pengadaan yang mudah dan aman serta diharapkan dapat menjawab permintaan konsumen yang terus meningkat menjelang Hari Raya," kata Country Manager Zilingo Indonesia, Patrick Vaz, lewat pernyataan resminya.

Zilingo menyampaikan 10 rekomendasi kategori produk yang naik daun selama bulan Ramadhan agar bisa menjadi inspirasi penjualan para pelaku usaha. Pertama adalah busana Muslim yang sangat dicari oleh konsumen untuk kebutuhan Hari Raya.

Untuk para pria, busana yang banyak dicari adalah baju koko, sedangkan para perempuan banyak mencari gamis serta hijab. Kedua, perlengkapan sholat seperti sajadah, mukena, sarung, dan peci. Sebab, banyak konsumen ingin lebih fokus beribadah.

Ketiga, makanan kaleng yang menjadi buruan konsumen saat bulan puasa dikarenakan penyajiannya yang praktis dan cepat. Produk makanan kaleng yang paling sering dicari yaitu ikan, kornet, makanan laut beku, dan buah untuk santapan sahur dan berbuka.

Kategori keempat adalah buah kurma, makanan wajib dan menjadi ikon di bulan Ramadhan. Menurut Zilingo, tidak jarang konsumen yang membeli kurma secara daring saat bulan puasa melakukan pemesanan dalam jumlah banyak.

Memasak adalah salah satu kegiatan rutin saat Ramadhan karena banyak orang hendak menyiapkan berbagai menu masakan kreasi khas Lebaran. Itu sebabnya konsumen kerap mencari peralatan dapur seperti penggorengan, panci presto, dan peralatan makan. 

Kategori lainnya yang diincar konsumen yakni produk elektronik seperti pendingin ruangan, mesin cuci, televisi, dispenser, dan kulkas. Begitu pula furnitur dan kelengkapan untuk menata ulang rumah, termasuk sofa, meja ruang tamu, meja makan, dan dekorasi dinding.

Budaya memberikan parcel dan hampers Lebaran sangat lekat dengan tradisi masyarakat Indonesia. Aneka produk yang bisa membuat konsumen berkreasi untuk membuat bingkisan ini juga masuk kelompok populer jelang Hari Raya.

Kategori produk selanjutnya yang tidak kalah laris di kalangan Muslim adalah sirup. Kue kering dan snack pun demikian, karena sudah dianggap menjadi makanan pelengkap saat Lebaran. Kue kering yang populer adalah kue putri salju, nastar, dan kastengel.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA